Andy Faturohman,BPR Nusamba Jember: Jurus Sukses Alumni FMIPA, Terapkan Kiat DUIT

“Jurus untuk meraih sukses di era milenial sekarang ini dengan menerapkan kiat DUIT, yakni Doa, Usaha, Istiqomah dan Tawakal. Setiap perjuangan untuk mendapatkan kesuksesan hilangkan kata menyerah dalam diri kita” ucap Andy Faturohman, S.Si. alumni Jurusan Fisika FMIPA Angkatan 1999 yang kini menjadi salah seorang pimpinan di BPR Nusamba Jember dalam acara Pelepasan Alumni di Ruang Auditorium Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Jember (29/8). Bro Andy demikian beliau biasa dipanggil, mengajak para calon wisudawan untuk mempersiapkan diri dengan banyak senjata yang telah tersedia di era milinenial apalagi pada Revolusi Industri 4.0 yang tentunya banyak persaingan dari dalam maupun luar negeri. “Banyak sekali senjata dan amunisi di era milineal ini yang bisa digunakan untuk bersaing dalam meraih atau menciptakan pekerjaan, seperi kecanggihan alat komunikasi. Jadikan itu untuk berkreatifitas dan bekerja keras dengan juga ditunjang disiplin serta kepribadian yang bagus” ajak Andy yang juga merupakan bimbingan Dekan FMIPA Drs. Sujito, Ph.D. kala itu. Acara pelepasan alumni diikuti para Dekan, Wakil Dekan, para Ketua Sekretaris Progam Studi Sarjana dan Magister di lingkungan FMIPA, Kabag TU FMIPA, Sub Bagian di lingkungan FMIPA dan perwakilan dari ORMAWA FMIPA UNEJ.

Sebelumnya Dekan FMIPA Universitas Jember berpesan agar para alumni juga bersiap sambut era sekarang ini dengan kecakapan dalam bidang ilmu dan akan menjadi jauh lebih baik jika alumni mampu menambahkan keunggulan softskill guna bersaing di pasar kerja. “Ada sekitar 75 – 300 juta bersaing untuk merebutkan pekerjaan pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini, berbekal IPK tinggi pun bukan jaminan jika tidak ditunjang dengan bekal softskill yang mumpuni” ujar Pak Jito. Dekan juga menyampaikan bahwa meningkatkan softskill terutama kedisiplinan dan kejujuran dapat dijadikan bekal selain hasil studi yang telah diterima pada saat perkuliahan.

“Calon wisudawan selain ijasah juga di bekali SKPI yang berisi kemampuan yang diraih selama duduk di bangku kuliah yang bisa digunakan nilai plus saat mencari pekerjaan esok. Bagi yang ingin lanjutkan studi juga tersedia beasiswa dari UNEJ untuk peraih predikat pujian berupa bebas biaya kuliah ditambah biaya hidup sebesar 6 juta rupiah per semester.” lanjutnya. Pelepasan Alumni Sarjana (S1) LXVI dan PascaSarjana (S2) XXXI Periode I Tahun Akademik 2019/2020 diikuti oleh 8 orang Program Studi Sarjana Matematika, 12 orang Program Studi Sarjana Fisika, 4 orang Program Studi Sarjana Kimia,  7 orang Program Studi Sarjana Biologi dan 4 orang Program Studi Magister Biologi.

Dokumentasi Pelepasan Alumni Periode I T.A. 2019/2020

Dekan FMIPA Universitas Jember juga memberikan penghargaan kepada lulusan berprestasi Program Sarjana periode I ini yang diraih Resa Miftahatu Yuniar (151810401064) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,59 dan lama studi 3 tahun 10 bulan 18 hari dari Program Studi Sarjana Biologi. Sedang untuk Program Magister diraih oleh Syafiq Ubaidillah, S.Si. dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00 dan lama studi 1 tahun 10 bulan 30 hari dari Program Studi Magister Biologi.

Pada pelepasan alumni kali ini, peserta dan pimpinan fakultas didampingi Tim Paduan Suara Mahasiswa FMIPA bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Universitas Jember juga lagu khas daerah Jember. Dari UKM SPORA juga menampikan beberapa persembahan lagu dalam format unplugged dan persembahan tari khas Kabupaten Jember yakni Petik Kopi. Prosesi penyerahan alumni diberikan kepada Endhah Purwandari, S.Si., M.Si. selaku perwakilan dari Ikatan Alumni FMIPA Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *