Apel Senin Pagi, Media Komunikasi Warga FMIPA yang Luring dan Daring

“Apel pagi yang kita laksanakan tiap senin adalah sarana komunikasi bagi kita yang luring di FMIPA dengan sejawat yang daring” awal Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember sebagai pembina Apel Pagi (20/9). Dekan FMIPA kemudian menyampaikan beberapa hal bisa disampaikan pada saat pelaksanaan apel pagi termasuk diantara agenda rutin atau pengumuman penting. “Seperti apel pagi minggu kemarin, Wadek 2 FMIPA menyampaikan informasi pengisian MySAPK dan SKP yang perlu diketahui semua warga FMIPA yang bekerja di kantor maupun di rumah” ungkapnya. Lebih lanjut, Dekan berharap melalui kegiatan Apel Pagi semua informasi terkini bisa disampaikan lewat media ini, karena warga FMIPA yang daring bisa mengetahui kegiatan luring terbaru di FMIPA. “Dalam beberapa waktu kedepan gedung Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA akan direnovasi, dengan kegiatan ini warga FMIPA yang daring akan mengetahui jika nanti saat masuk atau luring akan ada renovasi di FMIPA” jelasnya di hadapan peserta apel pagi didampingin Wakil Dekan II dan III FMIPA UNEJ. Bagi yang daring diberikan kesempatan untuk memberikan masukan mengenai kegiatan apel pagi, seperti kualitas suara atau koneksi jaringan. Petugas akan memperbaiki dengan masuk yang diberikan oleh peserta daring. Salah satunya penggunaan kabel jaringan untuk menjamin kualitas gambar dan suara, jika penggunaan nirkabel belum bisa mencapai maksimal.

Untuk diketahui FMIPA Universitas Jember telah melakukan kegiatan Apel Pagi sejak ada instruksi dari Kementerian dan edaran dari Rektor Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan secara luring di depan gedung FMIPA dan daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting. Selain itu FMIPA UNEJ juga melaksanakan kegiatan rutin lainnya yakni mendengarkan juga menyanyikan Indonesia Raya pada hari Selasa dan Kamis sedangkan membaca teks Pancasila pada hari Rabu dan Jumat pukul 10.00 secara daring maupun luring. Khusus daring makin mudah karena presensi telah diset sedemikian rupa dengan memanfaatkan fitur yang ada.

Petugas apel pagi dilaksanakan secara bergilir sesuai jadwal yang disusun oleh Kepegawaian FMIPA. Diujung sambutan Dekan FMIPA UNEJ menyinggung mengenai website FMIPA yang merupakan garda terdepan menyampaian informasi. “Melalui website, kita bisa menyampaikan semua informasi tentang FMIPA ke dunia luar. Saya berharap semua warga FMIPA jika ingin menuliskan artikel atau menyampaikan informasi untuk website bisa menghubungi tim web FMIPA UNEJ” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *