BALINGTAN dan FMIPA UNEJ siap kerjasama dukung program MBKM

Tim Peneliti dari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (BALINGTAN) lakukan kunjungan kerja ke FMIPA Universitas Jember (1/9). Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. bersama para wakil dekan menyambut kedatangan tim di ruang sidang gedung dekanat. Pertemuan membahas beberapa kemungkinan kerjasama yang akan dilakukan oleh dua lembaga. “FMIPA UNEJ melalui program MBKM telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan beberapa lembaga baik universitas atau lembaga lain” awal Dekan. Progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Bentuk Kegiatan Pembelajaran Magang/Praktek Kerja dan Penelitian/Riset menjadi peluang untuk bisa bermitra dengan BALINGTAN. Tidak hanya mahasiswa, dosen pun bisa berpeluang untuk bisa melakukan penelitian. BALINGTAN terletak di Pati. Jawa Tengah memiliki fasilitas Laboratorium Terpadu yang melayani beberapa bidang uji kimia dan juga terdapat Laboratorium Gas Rumah Kaca (GRK) yang melayani berbagai macam analisis. Perwakilan BALINGTAN menyampaikan bahwa telah menjalin penelitian kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. “Sangat memungkin kita jalin kerjasama penelitian baik yang melibatkan dosen dan tentunya mahasiswa dalam bentuk program MBKM” ujarnya. FMIPA UNEJ pada program BKP MBKM magang/praktek kerja telah banyak mengirim mahasiswanya ke mitra. Dan kesiapan untuk konversi matakuliah untuk pelaksanaan BKP telah dilakukan oleh FMIPA UNEJ beberapa waktu yang lalu.

Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. Wakil Dekan I FMIPA UNEJ yang juga Ketua Tim MBKM FMIPA menyampaikan bahwa FMIPA mulai semester ini menjalankan beberapa program MBKM yang dicanang oleh Pemerintah.  “Pada program MBKM terdapat penelitian, proyek kemanusiaan, wirausaha, studi/proyek independen, KKN tematik, pertukaran pelajar, magang, dan asistensi mengajar” jelasnya dalam menjelaskan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang menjadi hak belajar mahasiswa di luar prodi. Program studi menyusun atau menyesuaikan model implementasi kampus merdeka, menfasilitasi pembelajaran lintas prodi dalam perguruan tingi dan juga menawarkan mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa di luar prodi dan luar perguruan tinggi termasuk magang/praktek kerja atau penelitian/riset di lembaga lain.

BALINGTAN melalui kebijakan mutu berkomitmen untuk meningkatkan jejaring kerjasama dan kualitas diseminasi. Hal tersebut sangat sesuai bila antara BALINGTAN dapat melakukan kerjasama dengan FMIPA UNEJ. Mahasiswa dan dosen FMIPA bisa mempraktekan ilmu di BALINGTAN dan inovasi teknologi terbaru yang telah dilakukan BALINGTAN dapat tersampaikan kepada khalayak luas. Dan khususnya MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah bisa berjalan dengan baik dengan penjajagan kerjasama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *