Dekan buka Pengenalan Kehidupan Kampus FMIPA T.A. 2018/2019

“Selamat datang di FMIPA Universitas Jember, disini saatnya Anda berkarya untuk meraih prestasi yang tinggi” awal sambutan Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus 2018 bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 di lapangan parkir FMIPA (Senin, 13 Agustus 2018). “Berbanggalah menjadi bagian dari warga civitas akademika Universitas Jember yang memiliki akreditasi Perguruan Tinggi A yang hanya beberapa perguruan tinggi di Indonesia mampu meraihnya. Pun demikian di FMIPA yang keseluruhan program studinya minimal memiliki nilai akreditasi B dan khusus Prodi Sarjana Fisika meraih nilai A untuk akreditasinya” ujar Pak Jito yang dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan para Wakil Dekan, Ketua Sekretaris Jurusan dan Kepala Sub Bagian Administrasi di lingkungan FMIPA. Sebelumnya Wakil Dekan III FMIPA, Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. sebagai Ketua Pelaksana PK2 mahasiswa baru FMIPA melaporkan bahwa T.A. 2018/2019 mahasiswa baru sebanyak 327 orang dengan rincian Matematika 115, Fisika 71, Kimia 72 dan Biologi 69 mahasiswa. Acara juga diikuti fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan : DPM, BEM, HMJ dan UKM seperti Titik, Alpha, IONS, Palapa.

Pagi harinya di Stadion Universitas Jember, Moh. Hasan Rektor Universitas Jember membuka secara resmi Pengenalan Kehidupan Kampus 2018. Diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan peresmian pelantikan mahasiswa baru dan penyerahan mahasiswa kepada para Dekan di lingkungan Universitas Jember. “Anda salah satu dari 7240 mahasiswa yang telah melalui berbagai ujian SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR, Program Alih Program dan Program Afiliasi hingga menjadi mahasiswa Universitas Jember. Maka segeralah beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru, baik dengan sesama kolega yang datang dari berbagai daerah di seluruh pelosok nusantara, maupun beradaptasi dengan masyarakat Jember” ujar salah satu tenaga pengajar Magister Matematika FMIPA. Rektor Universitas Jember juga berpesan agar mahasiswa baru berusaha membentengi diri dari paham radikal melalui kegiatan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang bekerjasama dengan Secaba Rindam V Brawijaya.

“Anda diharapkan menjadi agen perubahan di Indonesia, maka perhatikan 4 hal yakni creative thingking, efective communication, dan collaboration. Jika 4 C tadi berhasil diwujudkan, maka Anda benar-benar menjadi agen perubahan. Universitas Jember juga telah menyediakan UC3 sebagai tempat pengaduan mahasiswa apabila pada saat pelaksanaan PK2 terjadi hal yang menjurus pada kegiatan yang diluar batas kewajaran” pungkas Pak Hasan.  Mahasiswa Baru dilantik oleh Rektor setelah sebelumnya mengucapkan ikrar terlebih dahulu. Untuk diketahui selain di Kampus Tegalboto, pada tahun akademik ini kegiatan perkuliahan juga di lakukan di Kampus Universitas Jember di Bondowoso dan Lumajang.

Dokumentasi PK2 Mahasiswa Baru T.A. 2018/2019

Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus di FMIPA Universitas Jember berlangsung pada tanggal 13 – 17 Agustus 2018, dibagi menjadi 5 ruang yaitu Prodi Matematika (Ruang Kelas 2.1 dan 1.1), Ruang Auditorium Fisika, Ruang Kuliah Umum Kimia dan Ruang Kuliah Umum Biologi dengan materi (Jadwal PK2 MABA FMIPA Universitas Jember) :
– Kelembagaan Pendidikan Tinggi
– Kapasitas Peran Pendidikan Tinggi
– Penjelasan SISTER Akademik untuk Mahasiswa (Pemrograman Rencana Studi melalui SISTER (web) atau SISTER for Student (Mobile)
– Etika dan Budaya Akademik Mahasiswa Universitas Jember
– Budaya Tertib dan Taat Aturan
– Pola Gerakan Hidup Sehat
– Mengenal HIV dan AIDS
– Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik
– Model Pembelajaran dan Strategi Belajar di Universitas Jember
– Sikap Kritis dan berpikir Prestatif
– Ketrampilan Berkomunikasi)
– Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
– Anti Intoleransi
– Anti Radikalisma
– Anti Korupsi

Pada tanggal 17 Agustus 2018 mahasiswa baru Universitas Jember diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera pengibaran merah putih di lapangan depan Perpustakaan Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *