Dekan FMIPA: Mahasiswa Baru bersiap menjadi Agent of Change guna bersaing di MEA

“Mahasiswa khususnya mahasiswa baru harus bersiap menjadi Agent of Change untuk ikut bersaing di era MEA, karena pemerintah Indonesia telah menjadi bagian dari kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN” awal sambutan Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020 di lapangan parkir FMIPA UNEJ (19/8). “Berbanggalah menjadi bagian dari warga civitas akademika Universitas Jember karena anda telah menjadi yang terbaik diantara sepuluh yang terbaik yang menginginkan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri. Oleh karenanya modal ini jadikan penyemangat untuk menjadi agen perubahan atau agent of change, khususnya bagi diri sendiri” ujar Pak Jito yang dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan para Wakil Dekan, Ketua Sekretaris Jurusan dan Kepala/Sub Bagian Administrasi di FMIPA. Lebih lanjut Dekan mengajak kepada mahasiswa baru untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan FMIPA pun dengan kolega di kampus. “Anda kini telah menjadi mahasiswa kata maha adalah yang paling, jadi mulai ubah sikap dan sifat yang sebelumnya hanya siswa menjadi maha. Dengan segera menyesuaikan diri dengan lingkutan sekitar. Pilihlah teman yang baik agar ikut menjadi yang baik, contohlah kakak tingkat yang pandai agar bisa berprestasi” pungkasnya.

Sebelumnya Wakil Dekan III FMIPA, Artoto Arkundato, S.Si, M.Si. sebagai Ketua Pelaksana PKKMB FMIPA UNEJ menyampaikan bahwa mahasiswa baru FMIPA T.A. 2019/2020 sebanyak 359 orang dengan rincian Matematika 115, Fisika 81, Kimia 78 dan Biologi 85 mahasiswa. “Pelaksanaan PKKMB ini ditujukan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan dunia pendidikan tinggi, agar pada proses transisi dari siswa ke mahasiswa menjadi lebih cepat dan baik” jelas Pak Artoto pada maba dan juga diikuti fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan: DPM, BEM, HMJ dan UKM seperti Titik, Alpha, IONS, Palapa. “Sistem pendidikan Universitas Jember juga telah menjadi bagian yang terbaik di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran secara daring, sehingga diharapkan mahasiswa baru segera menyesuaikan diri dan mengikuti pembelajaran dengan baik” pungkasnya

Nama Sub Acara Link Video
Arak-arakan MABA FMIPA UNEJ 2019 (PKKMB FMIPA) https://youtu.be/wviFSCo2KU4
Sambutan wakil BEM FMIPA dan Laporan Wadek III FMIPA UNEJ https://youtu.be/yteFeY8MhfQ
Sambutan Dekan FMIPA UNEJ Bagian 1 https://youtu.be/DA7NxIpxWyQ
Sambutan Dekan FMIPA UNEJ Bagian 2 https://youtu.be/TWPDG9YPvyE
Doa dan Penutupan Penyambutan PKKMB 2019 https://youtu.be/l1KexVWUZV8

Pagi harinya di Stadion Universitas Jember, Moh. Hasan Rektor Universitas Jember membuka secara resmi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019. Diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan peresmian pelantikan mahasiswa baru dan penyerahan mahasiswa kepada para Dekan di lingkungan Universitas Jember. “Kesempatan untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi harus diwujudkan dengan giat belajar, selain di bangku kuliah bisa juga melalui organisasi kemahasiswaan. Gali ilmu sebanyak mungkin karena Anda adalah generasi penerus bangsa Indonesia” ujar salah satu tenaga pengajar Magister Matematika FMIPA.

Rektor Universitas Jember juga berpesan agar mahasiswa baru berusaha membentengi diri dari paham radikal dan meningkatkan rasa cinta tanah air juga pengaruh narkoba melalui kegiatan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang bekerjasama dengan Secaba Rindam V Brawijaya. Untuk diketahui selain di Kampus Tegalboto, pada tahun akademik ini kegiatan perkuliahan juga di lakukan di Kampus Universitas Jember di Bondowoso, Lumajang dan yang paling akhir di Pasuruan. Pelaksanaan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan untuk ketiga kampus tersebut bekerja sama dengan Kodim setempat.

Pelaksanaan PKKMB 2019 di FMIPA Universitas Jember berlangsung pada tanggal 19 – 23 Agustus 2019, dibagi menjadi 5 ruang yaitu Program Studi di Matematika (Ruang Kelas 2.1 dan 1.1), Ruang Auditorium Fisika, Ruang Kuliah Umum Kimia dan Ruang Kuliah Umum Biologi dengan materi (Jadwal PKKMB FMIPA 2019 Universitas Jember)

Kode Materi Materi/Topik
M 1.1 Kelembagaan Pendidikan Tinggi
M 1.2 Sistem Pendidikan Tinggi
M 1.3 Profil Universitas Jember
M 1.4 Penjelasan SISTER Akademik untuk mahasiswa
M 1.4 Pengisian Student Plan dan Pemrograman Rencana Studi
M 2.1 Etika dan Budaya Akademik Mahasiswa Universitas Jember
M 2.2 Budaya Tertib dan Taat Aturan
M 2.3 Pola Gerakan Hidup Sehat & Ancaman Narkoba
M 2.4 HIV dan AIDS
M 3.1 Pengembangan Prestasi Akademik dan Non Akademik
M 3.2 Model Pembelajaran dan Strategi Belajar di Universitas Jember
M 3.3 Sikap Kritis dan Berpikir Prestatif
M 3.4 Keterampilan Berkomunikasi
M 4.1 Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
M 4.2 Anti Intoleransi
M 4.3 Anti Radikalisme
M 4.4 Anti Korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *