Dekan FMIPA: Raih Kesuksesan di Pasar Tenaga Kerja Asia

“Hadapi tantangan dunia kerja khususnya pasar tenaga kerja Asia dengan kemampuan dan keahlian yang didapat selama studi di FMIPA Universitas Jember” ujar Dekan FMIPA Drs. Sujito, Ph.D. dalam sambutan acara Pelepasan Alumni di Aula Serbaguna Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember (Jumat, 9 Pebruari 2018). Para alumni dan undangan para Wakil Dekan, Ketua Sekretaris Progam Studi Sarjana dan Magister dan Pimpinan Sub Bagian di lingkungan FMIPA disuguhkan kesenian khas tari dan band unplugged dari UKMS TITIK. Selanjutnya Pak Jito berpesan mengenai kemampuan bahasa asing khususnya bahasa inggris. “Salah satu penunjang disaat penyelesaian studi sarjana untuk melanjutkan studi ataupun mencari lapangan pekerjaan adalah penggunaan kemampuan berbahasa Inggris. Meski belum sepenuhnya diterapkan, bersama Wakil Dekan I beberapa waktu lalu kami berunding untuk menjadikan prasyarat nilai TOEFL untuk proses pelaksanaan tugas akhir mahasiswa di FMIPA” terangnya. Penggunaan TOEFL juga menjadi salah satu syarat untuk meraih beberapa beasiswa guna melanjutkan studi di luar negeri. Untuk diketahui salah satu alumni periode sebelumnya dari Program Studi Biologi sedang meraih beasiswa studi ke negara Jepang.

“Saya berpesan agar para alumni bisa untuk tidak berpuas diri setelah lulus dari FMIPA ada beberapa program studi magister di FMIPA untuk yang akan lanjut studi, bagi yang akan bekerja siapkan diri dengan selalu berkomunikasi dengan lembaga atau kakak tingkat yang telah lebih dulu terjun di dunia kerja dan khusus untuk periode ini program sarjana matematika tidak mewakilkan alumni karena prodi sarjana matematika selalu mengikutkan dalam jumlah yang besar pada periode tertentu” pungkasnya. Pelepasan Alumni Pasca Sarjana (S2) XXVI dan Sarjana (S1) LVII Periode IV Tahun Akademik 2017/2018 diikuti oleh 24 Calon Wisudawan Wisudawati Sarjana dan Pasca Sarjana dengan rincian 9 orang Program Studi Fisika, 6 orang Program Studi Kimia, 8 orang Program Studi Biologi, dan 1 orang Program Studi Magister Matematika

Selain ijasah, alumni FMIPA dan Universitas Jember dibekali dengan SKPI. SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) untuk bisa digunakan sebagai pendamping Surat Keterangan Lulus (SKL), dan transkrip. Dengan adanya SKPI akan sangat membantu stakeholder pengguna untuk mendapatkan gambaran mahasiswa yang mempunyai kompetensi apa saja diluar kompetensi yang telah tertuang dalam ijazah. SKPI di Universitas Jember memuat dua poin utama yaitu poin yang pertama tentang Sikap dan Tata Nilai.

(Arsip Dokumentasi)

Pada Pelepasan Alumni Periode IV Tahun Akademik 2017/2018 ini ada yang berbeda dengan hadirnya Istiqomah Rahmawati alumni Program Studi Kimia Angkatan 2009 yang memberikan motivasi kepada adik tingkatnya yang akan segera di wisuda esok hari. “Agar mudah untuk meraih beasiswa atau mendapatkan pekerjaan kita harus memiliki softskill yang bagus juga, selain tentunya IPK yang tinggi” jelas lulusan tahun 2013 ini. Dia mencontohkan dirinya pada saat meraih beasiswa LPDP untuk studi magister di ITB Bandung, bekal berorganisasi saat kuliah juga bisa memberikan nilai lebih. “Pada saat kuliah saya aktif berorganisasi yaitu himpunan mahasiswa jurusan kimia dan juga ikut PKM untuk menambah dan melatih softskill, dan Alhamdulillah itu menjadi kepercayaan diri saya disaat wawancara kerja ataupun proses mendapatkan beasiswa, tentunya dengan kemampuan bahasa inggris yang diatas rata-rata” pungkas dosen Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Jember. Beberapa peserta pelepasan alumni juga mengajukan pertanyaan kepada wanita yang pernah bekerja pada Deksa Medika tersebut, diantaranya kiat-kiat meraih beasiswa LPDP dan sukses meraih impian setelah menyelesaikan studi.

Penyerahan alumni oleh Dekan FMIPA pada periode ini diberikan kepada Tanti Haryati, S.Si., M.Si. selaku perwakilan dari Ikatan Alumni FMIPA (IKAMIPA) Universitas Jember yang merupakan alumni dari Program Studi Sarjana Kimia. Selanjutnya calon Wisudawan Wisudawati akan mengikuti prosesi Wisuda di Gedung Soetardjo Universitas Jember (Sabtu, 9 Pebruari 2018) dengan sebelumnya dilaksanakan ‘ritual‘ diarak dari Gedung FMIPA oleh BEM dan segenap Ormawa yang ada di FMIPA Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *