Dosen dan Mahasiswa FMIPA UNEJ kunjungi Hiroshima Jepang

Jurusan Biologi dan Kimia FMIPA Universitas Jember memperoleh undangan dari Professor Hiroshima University yaitu Professor Manabu Abe dari Department Of Chemistry dan Prof. Kunifumi Tagawa dari Department Of Biology untuk mengikuti kegiatan Japan-Asia Youth Exchange Program in Science (Sakura Exchange Program in Science) yang diselenggarakan oleh Japan Science and Technology dengan Hiroshima University sebagai host-nya. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada tanggal 1 hingga 8 Agustus 2018 di Graduate School of Science, Hiroshima University. Drs. Sujito, Ph.D. (Dekan FMIPA) dan Drs. Ach. Syaifullah, M.Sc,. Ph.D. (Wakil Dekan I) memberikan apresiasi dan motivasi kepada peserta yang akan ke Hiroshima University. “Jaga nama baik almamater Universitas Jember, gunakan kesempatan emas ini untuk menambah wawasan mengenai bangsa negara lain dan perdalam ilmu khususnya tentang research” ungkap Pak Jito dalam acara pelepasan peserta yang akan berangkat ke Hiroshima University Jepang di Ruang Pertemuan FMIPA (Selasa, 31 Juli 2018). Hal senada juga disampaikan Wadek I yang juga staf pengajar Jurusan Kimia agar peserta serius mengikuti berbagai kegiatan disana dari lecture hingga practical experience.

Peserta yang akan mengikuti program tersebut adalah 6 (enam) mahasiswa dari Sindhi Wahidatul Ikrimah (Jurusan Biologi), Haikal Idris Maulahila (Jurusan Biologi), Nuril Azizah (Jurusan Biologi), Zakiyah Ramadhany (Jurusan Biologi), Muhamad Kiki Afindia Joenata (Jurusan Kimia), Landep Ayuningtyas (Jurusan Kimia). Selain itu, dua dosen Fakultas MIPA Universitas Jember yaitu Syubbanul Wathon, S.Si., M.Si. dari Jurusan Biologi dan I Nyoman Adi Winata, S.Si., M.Si. dari Jurusan Kimia juga akan ikut serta pada program tersebut. Peserta dari Jurusan Biologi dan Kimia FMIPA Universitas Jember akan bersama dengan peserta lain dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan UIN Malang Malik Ibrahim serta peserta asing dari beberapa universitas negara ASEAN seperti Kamboja, Laos dan Thailand dari total 35 negara yang mengikuti program tersebut.

Selama program tersebut, peserta dari Jurusan Biologi akan mengikuti kegiatan lecture dan practical experience tentang Classification, Development, Evolution and Molecular Phylogenetic Organism sedangkan peserta dari Jurusan Kimia akan mengikuti kegiatan lecture dan practical experience mengenai Photochemistry, Electronical Excites States Laser Flash Photolysis (LFP), Emission, Photochomism, Chemiluminescence. Program ini akan memberikan manfaat di masa depan, baik secara personal maupun edukasi. Selain itu, program ini akan menambah wawasan peserta tentang studi dan research di luar negeri serta mengenal budaya negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *