Dr.rer.pol. Dedy Dwi Prastyo dari ITS Surabaya: Prediksi dan Forecasting dengan Machine Learning

“Machine learning adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang metode dan model statistik yang digunakan oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu tanpa perintah yang jelas, demikian arti secara definisinya. Machine learning bergantung pada model dan kesimpulan. Metode machine learning akan menghasilkan suatu model matematika yang didasarkan pada data” ungkap Dr.rer.pol. Dedy Dwi Prasyto dari Departemen Statistika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada acara Forum Group Discussion (FGD) “Pendekatan Machine Learning dalam Prediksi dan Forecasting” di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember (14/10). “Machine Learning juga layaknya suatu mesin akan tetapi berperilaku seperti layaknya manusia yang memiliki otak, bisa melakukan prediksi dan peramalan dengan menggunakan data atau perilaku yang lalu. Setelah dipahami perilaku akan dibuat metodologi dengan memanfaatkan sistem komputer dan database” lanjutnya. Acara yang diselenggarakan oleh Data Science Research Group Jurusan Matematika FMIPA diikuti oleh mahasiswa dan dosen yang menekuni bidang ilmu statistika dan komputasi.

“Pelajari dan pahami ilmu yang disampaikan oleh pemateri karena akan menjadi nilai tambah khususnya yang memiliki minat bidang statistika dan komputasi untuk mempersiapkan tugas akhir dan juga meraih pekerjaan setelahnya” ujar Dr. Alfian Futuhul Hadi, S.Si., M.Si sebagai ketua Data Science Research Group Jurusan Matematika FMIPA dalam sambutan pembukaan acara. Alfian juga menyampaikan bahwa setelah gelaran acara ini, akan dilanjutkan siangnya yakni Workshop on Statistical Computing using R How Support Vector Machine (SVM) works in Machine Learning di Laboratorium Matematika Dasar Jurusan Matematika FMIPA UNEJ. “Masih berkutat dengan machine learning, peserta diharapkan bisa langsung praktek di depan komputer dengan didampingi oleh pemateri” tutupnya.

Pada sesi workshop, peserta dikenalkan penggunaan aplikasi R untuk jauh lebih mengenal SVM. “Untuk memulainya kita harus mempersiapkan dulu paket-paket pendukung yang diperlukan, karena telah terhubung dengan internet maka cukup memilih mirror terdekat untuk menginstall paketnya” awal Dr. Dedy mendampingi workshop. Dikenalkan juga Support Vector Machine (SVM) melalui visualisasi plot klasifikasi dengan menggunakan parameter dan formula statistika. “Dengan adanya aplikasi komputasi seperti R diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan klasifikasi dengan lebih mudah” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *