Excellent Lecturer itu Putra Jember, Juara Fisika Asia

foto_badra2Spin Seebeck Power Conversion dan Spin Seebeck Power Generators adalah dua artikel hasil riset Adam Badra Cahaya dari Tohoku University, Sendai, Jepang yang menjadi Excellent Lecturer di Guess Lecture di Aula Serbaguna Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember (27 Pebruari 2017). “Spin caloritronics adalah ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengontrol spin, charge, dan arus panas di struktur nano magnetik” ungkap pria peraih beasiswa Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) Fellowship for Young Scientists mulai tahun 2015 sesuai bidang minatnya yaitu Spin Caloritronics, Thermoelectricity, Spintronics, Theoretical Solid State Physics. Acara ini diikuti oleh segenap tenaga pengajar dan mahasiswa di Jurusan Fisika dengan dibuka oleh Drs. Sujito, Ph.D selaku Dekan FMIPA Universitas Jember.

Adam Badra Cahaya adalah putra daerah dari Kabupaten Jember alumnus SMAN 1 Jember. Putra pasangan Parwoto dan drg. Sulistiyani salah satu staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember pernah meraih emas dengan nilai tertinggi pada Olimpiade Fisika Asia atau Asian Physics Olimpiad (APhO) ke-9 di Ulaanbaatar, ibukota Mongolia, 20-28 April 2008 lalu yang diikuti 16 negara.

Ketertarikan pada fisika semakin tinggi setelah bergabung dengan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) besutan dari Yohane Surya. Banyak perguruan tinggi nasional dan internasional yang menawarkan studi tanpa kepada pria dengan IQ (tingkat kecerdasan otak) 128 ini, akan tetapi pilihan jatuh kepada negara Jepang tempat studi hingga program doktoral.

foto_badra1 foto_badra3

Misi lain di Guess Lecture ini adalah pengenalan beasiswa Jepang salah satunya adalah Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) dan Japanese Ministry of Education and Sport (MEXT) Scholarship. Selain kepada tenaga pengajar yang akan menempuh studi lanjut, mahasiswa Jurusan Fisika juga diberikan wawasan beasiswa yang bukan hanya untuk studi lanjut juga penelitian atau riset. Peserta diberikan kesempatan untuk saling bertukar keilmuan melalui sesi tanya jawab. Diujung acara Dekan berharap acara Guess Lecture bisa terus berlanjut dengan semua program studi di FMIPA Universitas Jember dan diakhiri penyerahan cinderamata kepada Excellent Lecturer.

2 thoughts on “Excellent Lecturer itu Putra Jember, Juara Fisika Asia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *