FMIPA UNEJ jalin kerjasama dengan Perkebunan Sentool Panti Jember

Tim MBKM FMIPA UNEJ yang terdiri dari Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D., dan Purwatiningsih, S.Si., M.Si., Ph.D. bersama Dr. Hidayat Teguh Wiyono, M.Pd. dosen jurusan biologi lakukan kunjungan ke Perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember (9/9). Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi program MBKM. Dalam hal ini FMIPA Universitas Jember menyambut baik ajakan kerjasama dari Perkebunan Sentool. “Beberapa kali pertemuan telah kita lakukan baik di FMIPA maupun di kebun sentool untuk menyamakan persepsi.” jelas Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D Wakil Dekan I FMIPA UNEJ dan juga Ketua Tim MBKM FMIPA. Perkebunan Sentool merupakan salah satu perkebunan yang berada dibawah Kodam V Brawijaya Jawa Timur. Telah disepakati bahwa Perkebunan Sentool akan mendukung pelaksanaan riset, pengabdian masyarakat dan pendidikan bagi mahasiswa dan dosen FMIPA UNEJ. “Implementasi MBKM bagi beberapa Bentuk Kegiatan Pembelajaran yang relevan dengan bidang garap perkebunan Sentool, seperti Magang, Studi Independen, KKN Tematik dan Riset yang bisa dipilih oleh mahasiswa FMIPA.” lanjut Siswoyo. Kepala Perkebunan Sentool Sugiyana yang didampingi perwakilan Direksi Nuril mendukung kesepakatan bersama FMIPA UNEJ melalui program MBKM.

Untuk diketahui FMIPA Universitas Jember telah menjalin beberapa kerjasama dengan pihak mitra. Beberapa waktu yang lalu FMIPA telah jalin kerjasama dengan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (BALINGTAN) dan juga beberapa mitra lain yang menjadi pilihan mahasiswa FMIPA. “Dengan semakin banyak pilihan untuk pelaksanaan BKP, akan membuat peluang mahasiswa FMIPA untuk mengikuti program MBKM semakin tinggi” ungkap Siswoyo.

Perkebunan Sentool Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember bukanlah tempat yang asing bagi civitas UNEJ. Pelaksanaan KKN mahasiswa UNEJ telah lama dilaksanakan di kawasan perkebunan tersebut. Didukung program MBKM akan semakin meningkatkan jalinan selama ini antara Perkebunan Sentool dengan Universitas Jember pada umumnya dan FMIPA pada khususya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *