FMIPA UNEJ, Pilihanku!!!

Persiapan perkuliahan segera tiba, SNMPTN dan SBMPTN telah memulai menjaring pendaftar untuk masuk perguruan tinggi negeri. Muncul beberapa pertanyaan kemana akan menentukan pilihan untuk berkuliah? jurusan apa yang akan dipilih? fakultas apa yang akan dipilih?. Banyak tentu pertimbangan untuk membuat diri yakin bagi calon mahasiswa untuk menentukan pilihan yang tepat. Pilihan itu bisa kepada ke beberapa jurusan yang di FMIPA, jika masih ada rasa sedikit belum yakin untuk memilihnya?. Kita pernalkan kembali FMIPA UNEJ. Fakultas MIPA Universitas Jember memiliki 4 jurusan yang mungkin menjadi targat calon mahasiswa sesuai minat atau keahlian yang dimiliki. Yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Disinilah sumber dari segala ilmu berada, bila ada sebutan bukan pilihan pertama mungkin perlu dijelaskan bahwa kehidupan sehari – hari saja dibahas kok di Fakultas MIPA UNEJ yakni diantaranya bidang Biologi. Masih ada ragu lagi? Matematika? semua perhitungan baik yang dasar hingga rumit berawal dari sini. Bagaimana dengan Fisika dan Kimia?, mendengarnya sudah terbayang kumpulan rumus atau teori tetapi jika dipraktekkan langsung disitulah kesenangan dan tantangan tersendiri akan muncul. Saatnya dicatat dan diingat bahwa jurusan – jurusan di FMIPA Universitas Jember sudah masuk dalam incaran kuliah.

Disaat pelaksanaan praktikum, akan muncul ide untuk membuat yang baru hingga pada nantinya akan membawa pada suatu inovasi terkini. Inovasi itu bisa dibawa dalam ajang perlombaan, baik tingkat regional, nasional bahkan tingkat nasional. Bisa dilihat torehan prestasi mahasiswa FMIPA diberbagai ajang bergengsi. Jika mungkin muncul rasa bosan dengan hafalan? Jurusan Biologi FMIPA rutin melaksanakan praktikum lapang di beberapa kawasan wisata. Baluran atau Kebun Raya Purwodadi contohnya, tidak lagi membaca jenis tumbuhan ataupun hewan tapi melihat langsung tentunya dengan rasa senang bersama teman-teman kuliah.

Pemikiran selanjutnya adalah pekerjaan apa selepas lulus dari Fakultas MIPA UNEJ?, Beberapa alumni Matematika diantaranya telah diterima di dunia perbankan. Kok bisa? Bisa, salah satu mata kuliahnya adalah analisis atau statistika, dan itu diperlukan dalam dunia perbankan selain seorang akuntan. Berdasar hasil tracer study, lulusan FMIPA UNEJ berprofesi menjadi guru, dosen hingga menjadi wirausahawan. Pun yang berminat untuk lanjut studi, saat ini telah terjadi 3 magister yaitu Matematika, Biologi dan Fisika.

Kuliah di FMIPA dibilang menyita waktu?, tidak ada kegiatan lain selain duduk kuliah atau berjas dalam laboratorium?. Tidak juga, terdapat organisasi mahasiswa di FMIPA UNEJ, mulai BEM hingga Unit Kegiatan Mahasiswa yang siap menampung bakat dan minat. Sarana prasarana diwadahi dengan adanya gedung tersendiri untuk kegiatan mahasiswa non akademik. Pengembangan softskill melalui jurusan atau fakultas rutin diadakan, dengan mendatangkan guest lecture dari dalam dan luar negeri. Pertukaran mahasiswa juga jadi gengsi tersendiri, Jerman dan beberapa negara Eropa tujuannya. Jadi, makin yakin kan untuk mengatakan pilihanku kuliah di FMIPA UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *