FST UIN Jakarta Jalin Kerja Sama dengan FMIPA Universitas Jember

Delegasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipimpin langsung Dekan Prof. Dr. Lily Surraya Eka Putri, M.Env.Stud. berkunjung ke Fakultas MIPA Universitas Jember untuk jajaki kerja sama dalam beberapa bidang. “FST UIN Jakarta ingin memperbanyak kerja sama pada level nasional diantaranya adalah dalam bidang penelitian dan publikasi” awal Prof Lily di Ruang Auditorium Jurusan Fisika FMIPA UNEJ (16/10). Lebih lanjut beliau sampaikan jurnal di FST UIN Jakarta telah terakreditasi SINTA 2 dan berharap melalui kerja sama dengan FMIPA UNEJ bisa saling bertukar artikel maupun menjadi mitra bebestari. “Selain penelitian dan publikasi, melalui kampus merdeka UIN Jakarta ingin menjalin kerja sama transfer mata kuliah dan juga peningkatan akselerasi lulusan FST UIN untuk melanjutkan studi magister di FMIPA UNEJ” ungkapnya. Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. menyambut baik jalinan kerja sama dengan FST UIN karena akan mempererat silahturahmi antar lembaga untuk kebaikan dan maju bersama. “FMIPA UNEJ juga memiliki beberapa jurnal yang juga terakreditasi SINTA sehingga rencana pertukaran artikel dan mitra bebestari adalah hal yang sangat memungkinkan” jelasnya dihadapan pimpinan program studi dilingkungan FMIPA Universitas Jember.

Dekan juga mengungkapkan dengan merdeka belajar yang saat ini dicanang oleh pemerintah Indonesia memungkinkan untuk jalin kerja sama di perkuliahan. “FMIPA UNEJ siap untuk mewadahi beberapa mata kuliah khususnya ke-UIN-an dalam perkuliahan” pungkasnya. Wakil Dekan I Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. yang juga Ketua Tim OJS Universitas Jember mengawali dengan menyatakan kesiapan untuk jalin kerja sama di bidang publikasi khususnya jurnal. “Universitas Jember khususnya FMIPA dalam beberapa tahun terakhir telah mengembangkan jurnal dengan memanfaatkan OJS yang mungkin sama dengan FST UIN Jakarta” jelasnya. Seperti di ketahui FMIPA UNEJ memiliki Jurnal ILMU DASAR yang memiliki 4 bidang yang sama dengan FST UIN yakni matematika, fisika, kimia dan biologi. “Prodi di FMIPA pun ada juga yang telah memiliki jurnal sendiri yakni MIMS di Matematika dan CERiMRE di Fisika, untuk bidang teknologi di FST UIN pun bisa jalin kerja sama dengan jurnal BERKALA SAINSTEK” lanjutnya. Dalam kesempatan itu setiap program studi di FMIPA UNEJ juga memperkenalkan profil kepada delegasi FST UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Dokumentasi Acara Kunjungan dan Kerja Sama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Diujung acara Dekan FST UIN Jakarta Prof. Dr. Lily Surraya Eka Putri, M.Env.Stud. dan Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. menandatangani nota kerja sama dalam beberapa bidang diantaranya akademik, penelitian dan publikasi. Setelahnya delegasi FST UIN saling berbincang dengan pimpinan masing-masing prodi di FMIPA UNEJ dan juga diajak untuk berkeliling untuk melihat langsung suasana dan sarana prasana di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *