Guest Lecture dan Workshop: Dr. Mario Guarracino dari Italia

Program Studi Matematika FMIPA Universitas Jember menyelenggarakan Guest Lecture dan Workshop dengan mendatangkan pakar Dr. Mario Rosario Guarracino dari Laboratory for Genomics, Transcriptomics and Proteomics National Research Council of Italy pada Senin-Selasa (2-3 Oktober 2017). “Ada beberapa solusi untuk penyelesaian kasus pada bidang biologi dengan menerapkan ekperimen numerik” penjelasan awal presentasi Dr. Mario pada Guest Lecture yang mengambil tema Supervised Classification. Secara garis besar dipaparkan tentang kapan, apa, mengapa, dan bagaimana penggunaan Mikroarray & spektroskopi NMR, bagaimana supervisi nya hingga menarik suatu kesimpulan dalam menerapkan metodologi baru yang banyak membutuhkan data besar agar bisa mengikuti perkembangan teknologi biologi khususnya biomedis. “Penggunaan model SVM untuk analisis klasifikasi data dan regresi diperlukan dewasa ini selain menggunakan ReGEC” terang penyuka bola dari kota Napoli, Italia tersebut dihadapan peserta workshop yang terdiri mahasiswa sajana dan magister matematika.

Peserta juga dikenalkan aplikasi WEKA yaitu aplikasi open source  berbasis Java yang dikembangkan oleh University of Waikato New Zealand. Aplikasi ini bisa diunduh secara bebas dari bisa berjalan berbagai platform sistem operasi. Aplikasi ini bisa menggunakan inputan database secara lokal komputer maupun dari website yang umum digunakan seperti MySQL, PostgreSQL, MS SQL Server dan Oracle. Diterangkan pula panel-panel dalam ‘explorer‘ yaitu istilah tampilan proses kerja di WEKA, terdapat Preprocess Panel, Classifier Panel, Cluster Panel, Associate Panel dan Visualize Panel hingga Neural Network GUI. Di akhir sesi ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta guest lecture.

Di hari kedua, Dr. Mario menyampaikan materi dalam format workshop yang mengambil tema “Workshop on Data Mining and Bioinformatics” dengan peserta para tenaga pendidik di lingkungan Universitas Jember beberapa diantaranya dari Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknologi Pertanian, FILKOM dan tentunya perwakilan dari Internasional Office. “Perkembangan splicing semakin maju dengan ditandai pengembangan metode teknologi NGS” awal presentasi Dr. Mario. Perkawinan antara bidang biologi dan informatika tengah berkembang didunia penelitian khususnya kemunculan NGS yang memungkinkan untuk menelaah mekanisme genomatik dan epigenomatik hingga pada perubahannya. Peran teknik komputasi sangatlah penting sebagai penunjang analisis data NGS yang bisa dibilang sangatlah rumit. “Kami mengembangkan beberapa alat khusus dalam mengambil kesimpulan dari penelitian tersebut dengan menerapkan beberapa tipe data pada NGS” lanjutnya sebelumnya mengenalkan aplikasi program Var2GO.

Dokumentasi Acara

Sebelumnya Dekan FMIPA Universitas Jember, Drs. Sujito, Ph.D. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara workshop. “Data mining dan informatika sangat penting dan menarik di pelajari khususnya bagi peneliti – peneliti kita khususnya di FMIPA” ujarnya. Kolaborasi diantara peneliti antar program studi sudah pernah dilakukan, dan dengan diadakannya workshop ini semakin membantu untuk meningkatkan dan memperluas kerja sama dalam penelitian dan pengabdian. “FMIPA siap mewadahi setiap kegiatan yang berprinsip kolaborasi, dan saya sampaikan penghargaan kepada Dr. Mario atas waktu dan ilmu untuk bisa di bagikan kepada para mahasiswa dan kolega kami” pungkasnya.

Dr. Mario mengajak para peserta workshop untuk mempraktekkan penggunaan Var2GO untuk mengolah data. Dan peserta telah disediakan data – data dan aplikasi yang akan digunakan lengkap dengan tutorialnya yaitu Genome Wide Association Studies, Mathematical Models, Biological Experimental Data Tutorial dan Splicing Tutorial. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dr. Mario dengan menerapkan web-based khususnya untuk pemilihan varian gen, pengguna bisa langsung mengolah data secara online tentunya dengan menggunakan format yang telah ditentukan dan pemilihan kriteria database yang telah tersedia di Var2GO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *