Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

DSCN8815Visi Universitas Jember yaitu menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni, berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial. Dengan mengusung visi Universitas Jember maka fokus dan unggulan penelitian diarahkan pada pengembangan pertanian industrial, perkebunan, dan pangan yang berwawasan bisnis dan lingkungan. “Diperlukan suatu inovasi penelitian untuk membangun negeri dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. UNEJ melalui Rencana Induk Penelitian (RIP) akan mewujudkannya dengan menjadi sentral Bioteknologi, Pertanian dan Kesehatan” ungkap Prof. Ir. Achmad Subagio, M. Agr., Ph.D yang merupakan Ketua Lembaga Penelitian Universitas Jember dihadapan para tenaga pendidik FMIPA Universitas Jember peserta Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Auditorium Agrotechno Park Jubung Jember (Kamis, 13 April 2017).

Pak Bagio melanjutkan dengan memaparkan beberapa skema penelitian tahun 2017. Riset Dasar, Riset Terapan dan Peningkatan Kapasitas Riset. IDB melalui program hibahnya mengajak para peneliti di Universitas Jember untuk berlomba di hingga akhir April 2017 dengan ruang lingkup sains dasar, teknologi dan supporting knowledge (sosial humaniora, hukum dan pendidikan). “Dengan waktu yang lumayan pendek, tetap diharapkan para dosen di FMIPA Universitas Jember untuk bisa berkontribusi dengan mengutamakan lintas prodi sesuai tema unggulan yang tertuang pada Rencana Induk Penelitian Universitas Jember” pungkasnya. Di ujung sesi diberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta lokakarya.

Berikutnya Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Sujito, Ph.D. memaparkan capaian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan FMIPA. “Sinergi visi FMIPA dan visi Universitas Jember untuk mengembangkan penelitian saintek yang berwawasan lingkungan menjadikan rujukan dalam peningkatan kualitas dalam penyusunan proposal penelitian” jelasnya. Dekan FMIPA juga berpesan agar hasil penelitian yang salah satunya berupa jurnal nasional atau internasional bisa menjadi modal dalam akreditasi program studi. Seperti diketahui ada dua prodi yaitu Kimia dan Fisika dalam proses pengajuan akreditasi, menyusul dua program studi magister yaitu Matematika dan Biologi. “Kami dari selaku pimpinan fakultas siap menfasilitasi untuk perumusan dan pembahasan dalam persiapan site visit akreditasi program studi” tutup Pak Jito di sesi ini.

DSCN8835 DSCN8820

Dokumentasi Lokakarya di Agrotechno Park Jubung

Dr. A. A. Istri Ratnadewi, S.Si., M.Si. dengan tema Prosedur pengajuan proposal berdasarkan Buku Panduan terbaru dari Kemenristek-dikti menjadi pemateri lokakarya selanjutnya.  Diperkenalkan juga oleh staf dosen Jurusan Kimia ini tentang Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi XI. “Terdapat perubahan skema riset pada panduan XI ini, yang sebelumnya ada 17 skema sekarang menjadi 14 skema dengan adanya pembaruan diantaranya skema afirmasi (lokasi/wilayah, klaster riset dan penugasan strategi nasional), pemberian penugasan pada PTNBH/Mandiri, Terbuka riset  untuk ijin belajar (Doktor by riset) dan peningkatan produktifitas (HKI dan prototipe)” jelasnya. Bu Dewi juga memaparkan tentang Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) yang hasil dari TKT tersebut menunjukkan status dan kematangan dari suatu penelitian. Satu tingkat dengan tingkat yang lain saling terkait dan menjadi landasan bagi tingkatan berikutnya.

Pada materi lokakarya arah dan topik penelitian diberikan kesempatan pada wakil tiap program studi di FMIPA Universitas Jember untuk memaparkan capaian penelitian dan rencana penelitian yang memungkinkan adanya kerja sama antar prodi di lingkungan FMIPA pada khususnya dan UNEJ pada umumnya. Matematika diwakili oleh Dr. Alfian Futuhul Hadi, S.Si., M.Si. memperkenal riset yang akan dan sedang berjalan yang membuka peluang untuk riset bersama tentang global change, climate change, people change dan renuable energy. Senada Dr. Bambang Piluharto, S.Si., M.Si. dari Jurusan Kimia menceritakan beberapa hasil penelitian yang di beberapa laboratorium nya yang memang telah di-‘kotak‘ sesuai Kelompok Bidang Ilmu (KBI). Di Fisika Dr. Artoto Arkundato, S.Si, M.Si. mencontohkan kerja sama antar prodi yaitu dengan kimia dalam beberapa riset yang diusung oleh dosen yaitu Ir. Misto, M.Si. (Fisika) dan Tri Mulyono, S.Si., M.Si. (Kimia). Fisika juga memiliki Lab. Riset tersendiri yaitu : Fisika Komputasi, Biofisika, Geofisika dan Fisika Bahan. Jurusan Biologi melalui Dr. rer.nat. Kartika Senjarini, S.Si., M.Si. memperkenal riset – riset dari tiap laboratorium yang ada dan beberapa riset kerja sama dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri. Biologi sendiri telah lama membuat tiap laboratoriumnya memiliki research group yang beranggotakan para peneliti sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Sebagai penutup lokakarya diadakan sesi tanya jawab dan masukan masalah riset dan pengabdian kepada masyarakat antar program studi di FMIPA Universitas Jember.

One thought on “Lokakarya Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *