Konsinyering Penyusunan Pedoman BKP Studi/Proyek Independen FMIPA UNEJ

Dalam rangka persiapan implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran atau BKP MBKM agar dapat diprogram oleh mahasiswa, FMIPA Universitas menyelenggarakan kegiatan Konsinyering Penyusunan Pedoman BKP Studi/Proyek Independen di Java Lotus Hotel Jember (17-18/9). Konsiyering bertujuan untuk mempersiapkan pedoman pelaksanaan BKP Studi/Proyek independen agar bisa menjadi acuan bagi mahasiswa, dosen, kaprodi dan calon mitra. Drs. Siswoyo, M.Sc. Ph.D. Wakil Dekan I FMIPA UNEJ yang juga Ketua Tim MBKM FMIPA berharap konsiyering mampu menghasilkan pedoman yang bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan BKP cara baik karena memiliki tahapan yang jelas. “Penyusunan pedoman sangat diperlukan agar dalam implementasi BKP bisa mempemudah mahasiswa dalam memrogram, dosen pendamping paham tugasnya, kaprodi bisa mengkonversi matakuliah dan tentunya calon mitra paham akan BKP MBMK” jelas Siswoyo kepada peserta konsinyering yang terdiri dari tim task force Studi/Proyek independen. Pada agenda tersebut FMIPA UNEJ juga mengundang calon mitra yakni Perkebunan Sentool Panti Jember yang beberapa waktu dilakukan kunjungan kerja kesana. Perwakilan dari Perkebunan Sentool Panti Jember memberi penjelasan mengenai hal-hal tertentu yang nantinya akan membantu kegiatan BKP Studi/Proyek Independen untuk mahasiswa FMIPA Universitas Jember. Dan pada agenda itu tercapai kesepakatan dan dituangkan dalam PKS antara FMIPA UNEJ dan Perkebunan Sentool Panti Jember.

Seperti diberitakan sebelumnya Perkebunan Sentool Panti Jember adalah calon mitra yang akan menambah beberapa mitra dari FMIPA UNEJ dalam pelaksanaan MKBM. Setelah sebelumnya telah dilakukan kesepatan menjadi mitra yakni Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (BALINGTAN) dan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) untuk kegiatan beberapa BKP Magang, Studi Independen, KKN Tematik dan Riset.  Perkebunan Sentool sendiri merupakan salah satu perkebunan yang berada dibawah Kodam V Brawijaya Jawa Timur.

Pembahasan panduan Studi/Proyek Independen dipimpin langsung oleh Ketua Tim MBKM FMIPA bersama anggita tim task force yang merupakan perwakilan dari tiap program studi. Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. dalam arahannya menyambut baik kegiatan konsinyering selain membantu mahasiswa, dosen, prodi dan mitra dalam bentuk penyusunan pedoman pada akhirnya bisa menyempurnakan panduan akademik yang didalamnya juga ada bagian kegiatan MBKM di FMIPA Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *