Kunjungan Mahasiswa Prodi Matematika dan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali

FMIPA Universitas Jember mendapat kunjungan dari mahasiswa Fakultas Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP PGRI Bali pada Selasa (17 Oktober 2017). Sama seperti saat kunjungan dari MAN Keboan Jombang di awal bulan Oktober yang lalu, Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Sujito, Ph.D. memaparkan Visi, Misi dan Tujuan FMIPA, Jurusan dan Program Studi di lingkungan FMIPA. Pak Jito juga menyampaikan capaian akreditasi dari beberapa program studi dan prestasi mahasiswa FMIPA ditingkat nasional juga pertukaran mahasiswa di beberapa negara maju seperti Jepang dan Jerman . “Minggu depan Program Sarjana Kimia akan menerima visitasi dari tim akreditasi BAN-PT, semoga akan menghasilkan nilai yang maksimal” jelasnya. Disampaikan juga bahwa FMIPA Universitas Jember memiliki tiga Program Magister yaitu Matematika, Biologi dan Fisika. “Bagi mahasiswa sarjana IKIP PGRI Bali yang ingin melanjutkan studi, kami siap melayani dengan didukung tenaga pengajar yang profesional bidangnya juga ditunjang fasilitas kuliah dan laboratorium yang sangat memadai” ujarnya seraya berpromosi.

Diakhir sambutannya Pak Jito dengan didampingi oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Prof. I Made Tirta yang putra daerah Bali, menyampaikan bahwa Universitas Jember menerapkan sistem semi desentralisasi terhadap kegiatan pembelajaran dan keuangan. “Terakhir, kami atas nama segenap civitas akademika FMIPA Universitas Jember mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan utusan dari IKIP PGRI Bali, suatu kehormatan bagi kami untuk bisa berbagi pengalaman dalam proses pembelajaran” pungkasnya.

Selanjutnya peserta kunjungan diajak menuju Program Studi Matematika dan Biologi karena sesuai dengan FPMIPA IKIP PGRI yang memiliki dua Program Studi yang sama. Di Matematika, Kusbudiono, S.Si., M.Si. selaku Ketua Jurusan Matematika memberikan sambutan dengan mengenalkan tenaga pengajar dan fasilitas khususnya laboratorium. “Khusus untuk laboratorium statistika kita memiliki virtual statistics laboratory yang bisa diakses kapan dan dimana saja” terangnya di akhir sambutan. Mahasiswa Program Studi Matematika FPMIPA IKIP PGRI diajak mengunjungi laboratorium matematika dasar dan laboratorium matematika terapan yang sekaligus terdapat ruang baca bagi mahasiswa.

Dokumentasi Kegiatan

Di laboratorim matematika dasar, dikenalkan aplikasi matematika yang biasa digunakan mahasiswa untuk praktikum yaitu Matlab dan Maple. Abduh Riski, S.Si., M.Si. salah satu tenaga pengajar pengampu mata kuliah yang terdapat praktikum dengan Matlab memberikan beberapa contoh dalam menyelesaian suatu kasus dengan menggunakan aplikasi tersebut. Selanjutnya Prof. I Made Tirta si empu nya virtual statistics laboratory memberikan penjelasan tentang penggunaan dan kelebihannya dengan mendemokan beberapa model stastistika. Mahasiswa Program Studi Matematika FPMIPA IKIP PGRI diajak untuk memberikan masukan untuk virtual statistics laboratory yang berbasis R dan web ini untuk pengembangan selanjutnya.

Rendy Setiawan, S.Si. M.Si. tenaga pengajar Program Studi Biologi mendampingi peserta kunjungan untuk dikenalkan ke beberapa laboratorium. Mulai dari Biologi Dasar, Ekologi, Zoologi, Botani, Mikrobiologi hingga yang terakhir ke laboratorium bioteklogi yang merupakan laboratorium terbaru yang dimiliki oleh Program Studi Biologi. Di beberapa laboratorium yang bertepatan saat praktikum, peserta bisa melihat proses pembuatan larutan. Tak lupa peserta diajak untuk melihat Green House, Animal Care Unit dan Taman Botani milik Program Studi Biologi FMIPA yang dipergunakan untuk proses pembelajaran, riset dan juga pengabdian kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *