Prof. Sudarmadji, M.A., Ph.D. : Pakar mangrove itu kini masuki masa purna tugas

“Bagaimana komposisi mangrove, pola distribusi mangrove kemudian bagaimana pola sistem faktor edafik yang ada di hutan mangrove hutan Taman Nasional Baluran” jelas awal Prof. Sudarmadji, M.A., Ph.D. pakar hutan mangrove yang juga dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember dalam acara Farewell Lecture dengan tema Struktur Komunitas Mangrove di Taman Nasional Baluran Indonesia (10/6). Prof. Dar demikian biasa dipanggil adalah dosen senior FMIPA UNEJ yang telah banyak menghasilkan penelitian bagi lembaga dan negara dalam bidang mangrove. “Komposisi hutan mangrove terdiri atas 22 famili, 27 genus, dan 36 spesies, lalu pola sistem faktor edafik hutan mangrove di Taman Nasional Baluran adalah kombinasi” lanjutnya di hadapan tamu undangan yang merupakan kolega, mantan mahasiswa dan juga pimpinan FMIPA UNEJ. Prof. Dar juga memberikan saran eksploitasi hutan mangrove, kandungan materi organik tidak boleh dikuras terlalu banyak, industri perikanan yang berdekatan dengan hutan mangrove harus menjaga dan mengelola dengan baik dan profil diagram, distribusi, dan densitas berguna bagi pemangku kebijakan dalam menentukan area mangrove yang akan dipotong pada waktu tertentu.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Umum Biologi FMIPA ini diikuti tidak hanya secara luring akan tetapi daring dan juga disiarkan langsung melalui media sosial kanal video berbagi. “Farewell Prof. Dar yang bertepatan masa pandemi covid-19 ini, menuntut kita untuk selalu menjaga protokol kesehatan, sehingga selain penataan kursi ruang, kita juga adakan secara daring untuk para kolega yang ingin mengikuti acara ini” ungkap Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember. Menurut Dekan, Prof. Dar adalah salah satu dosen yang tidak hanya menjadi pendidik bagi mahasiswa tetapi menjadi rujukan bagi dosen – dosen muda dalam berkonsultasi masalah tridharma perguruan tinggi. “Saya berharap Prof. Dar meski telah purna tugas terus bisa bersilahturahmi dengan kita di FMIPA dan tetap memberikan wejangan dan bimbingan bagi dosen disini” pungkasnya.

Beberapa kolega memberikan kesan pesan kepada Prof. Dar yang sebagian besar menceritakan kebersamaan pada saat mengajar, melakukan penelitian pengabdian dan juga yang selalu dikenang adalah celetukan khas dari Prof. Dar yang sering menciptakan singkatan kata terbaru. Diujung acara Ketua Jurusan Biologi FMIPA Purwatiningsih, S.Si., M.Si. Ph.D memberikan kenangan untuk Prof. Dar dan dilanjutkan foto bersama dengan tetap menjaga jarak sesuai aturan yang berlaku.

Dokumentasi Lengkap Farewel Lecture

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *