Pembukaan Program Studi Magister Fisika FMIPA

gedung_fisikaJurusan Fisika FMIPA Universitas Jember membuka Program Studi baru Strata Dua (S2), Program Studi Magister Fisika, sesuai dengan Surat Keputusan KEMENRISTEK DIKTI No. 416/KTP/I/2016 tanggal 14 September 2016. Program Studi Magister Fisika FMIPA Universitas Jember didirikan sebagai wahana menghadapi tantangan dunia jaman sekarang dan sebagai bentuk tanggapan dunia pendidikan secara menyeluruh dan bermasyarakat. Sesuai pernyataan dari tim taskforce, Program Studi Magister Fisika FMIPA didirikan dengan mengingat sangat pentingnya peran hasil penelitian fisika teori dan aplikasi dalam membentuk perkembangan teknologi dan industri maju secara keseluruhan.

Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Sujito, Ph.D. mengatakan Magister Fisika sendiri dari segi kelembagaan masih rumpun FMIPA, sesuai dengan visi misi Universitas dan Fakultas maka Magister Fisika sudah barang tentu ingin menyelesaikan permasalahakan yang berkaitan dengan ilmu fisika, karena keinginan kita untuk berkontribusi kepada Bangsa dan Negara.

Dosen Fisika tersebut juga menambahkan “Magister Fisika FMIPA diharapkan mampu menjawab tantangan jaman dan berkontribusi menyiapkan tenaga-tenaga terampil yang bisa mengisi kebutuhan tenaga di bidang penelitian, pendidikan dan industri yang ada disekitar kita”, ungkapnya.

Sujito juga mencontohkan keilmuan fisika yang bisa diterapkan di dunia kerja sebagai bentuk tantangan kedepan. “daerah kita daerah perkebunan, dan memerlukan proses, sedangkan  Jember penghasil tembakau, disitu kita bisa menerapkan keilmuan transfer energi dalam proses pemanasan atau pengeringan tembakau itu sehingga bisa dihasilkan kualitas tembakau yang bagus, dimana  dalam ilmu fisika dipelajari dengan mata kuliah transfer energi yang dihubungkan dengan fisika industri, atau masalah bio fisik, yang berhubungan dengan fisika kesehatan, karena pada dasarnya perkembangan ilmu kesehatan memerlukan orang orang fisika,  yang mengetahui tentang proses awal hingga hasil gambar hingga analisis citra”, tambahnya.

Lebih lanjut berdasar latar belakang pendirian Program Studi Magister Fisika, keberadaan Program Studi Magister Fisika sangat penting dalam meningkatkan komparatif dan kompetitif produk industri nasional sehingga menjadi produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global. Program Studi Magister Fisika memiliki 5 kelompok bidang peminatan :
– Minat Fisika Material
– Minat Fisika dan Komputasi
– Minat Geofisik
– Minat Biofisika, dan
– Minat Instrumentasi dan Elektonika.

Dibukanya Program Studi Magister Fisika FMIPA Universitas Jember memiliki tujuan hasil lulusan Magister Fisika memiliki keunggulan dengan kualitas tinggi yang mampu diterapkan dan bersaing di sektor pendidikan, riset dan teknologi maupun industrial, menghasilkan produk penelitian dan menerapkan kepada masyarakat. Program Studi Magister Fisika menjadi yang program studi magister di FMIPA setelah beberapa tahun sebelumnya telah berdiri Program Studi Magister Matematika dan Program Studi Magister Biologi.

Pendaftaran Program Baru Magister Fisika akan dibuka serempak bersama pendaftaran Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Jember Semester Genap tahun akademik 2016/2017, yang teregistrasi berdasarkan surat bernomor 631 / UN25.2 / SP/ 2016 tanggal 22 Nopember 2016 ditujukan kepada Wakil Rektor I Universitas Jember dan ditandatangani Sekretaris Program Pascasarjana Universitas Jember, Dewi Prihatini, S.E., M.M., Ph.D. dan akan segera di publikasikan sebagai pengumuman pendaftaran secara menyeluruh. (Brosur Magister Fisika FMIPA)

One thought on “Pembukaan Program Studi Magister Fisika FMIPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *