Mahasiswa FMIPA UNEJ ikuti Seleksi SATRIA DATA 2021

Delapan Mahasiswa FMIPA Universitas Jember mengikuti seleksi Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) yang diselenggarakan secara daring (2/10). “Dari delapan peserta, ada empat peserta yang kita fasilitasi untuk mengikuti ujian CBT secara kolektif di laboratorium Matematika Dasar FMIPA karena berada di Jember” jelas Wakil Dekan III FMIPA Dr. Edy Supriyanto, S.Si., M.Si. SATRIA DATA merupakan kegiatan berskala nasional untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data. Kegiatan ini terdiri dari tiga kelompok kegiatan, yaitu Pengembangan Wawasan, Kegiatan Lomba, dan Credit Earning. Dari kelompok bidang yang ada, mahasiswa matematika mengikuti lomba National Statistics Competition (NSC). “NSC itu kompetisi SATRIA DATA untuk melatih mahasiswa memecahkan permasalahan statistika secara luas dan menganalisis data dengan cermat sehingga memberikan solusi yang tepat bagi permasalahan yang diberikan” ungkap Dian Anggraeni, S.Si., M.Si dosen pembimbing kegiatan SATRIA DATA. Lebih lanjut Dian menyampaikan materi kompetisi yang dilombakan yakni Teori Peluang, Teori Statistika/Statistika Matematika, Desain Survei, Perancangan Percobaan, Analisis Regresi, Analisis Deret Waktu, Analisis Peubah Ganda dan Analisis Data Kategorik. Seleksi atau babak penyisihan dilaksanakan pukul 8 hingga 10.30 dengan jumlah soal sebanyak 50 dan diikuti oleh 311 peserta.

Jika lolos seleksi, peserta akan mengikuti babak semifinal pada 23 Oktober 2021 mendatang dengan sesi lomba menyusun makalah. Dan diujung agenda diadakan presentasi untuk memilih yang terbaik dari 10 finalis. Sebelumnya pada 25 September 2021 diadakan ujicoba CBT dengan materi 10 soal pilihan ganda dan waktu pengerjaan 30 menit. Secara teknis peserta lomba diharapkan menggunakan komputer yang mumpuni dengan koneksi internet yang stabil. “Dengan alasan teknis tersebut kita siapkan sarana sebaik mungkin agar mahasiswa mengikuti lomba dengan baik, untuk empat orang diluar Jember yaitu Blitar, Lamongan, Wonogiri pun kita persiapkan juga dengan pendampingan khusus” ujar Wadek III FMIPA.

Untuk diketahui, selain NSC kegiatan lomba yang diadakan adalah Statistics Essay Competition (SEC) yakni kompetisi SATRIA DATA untuk meningkatkan wawasan dan kreativitas mahasiswa serta memberikan media bagi mahasiswa untuk menuliskan ide-ide kreatif dalam bentuk karya tulis berbentuk esai terkait bidang ilmu statistika dan sains data dalam berbagai aspek. Selanjutnya yang diperlombakan adalah Statistics Infographics Competition (SIC) yaitu kompetisi di Satria Data dan Festival Sains Data yang dimaksudkan untuk mengubah informasi-informasi yang terkandung dalam topik yang telah disediakan, menjadi suatu infografis yang menarik dan komprehensif. Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menjadi host kegiatan SATRIA DATA juga melombakan Big Data Challenge (BDC) yang merupakan kompetisi untuk memperoleh rekomendasi penyelesaian terhadap masalah nyata secara analitika. Penyelesaian permasalahan dilakukan menggunakan teknik statistika, analitika, dan machine learning berdasarkan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *