ON MIPA 2016

on_mipa2016Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) resmi digelar di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kemarin (5/4). Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh sebanyak 500 mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) dan 28 perguruan tinggi swasta (PTS). Kegiatan ON MIPA-PT kali ini, merupakan seleksi tahap dua di sebanyak 14 kopertis seluruh Indonesia. Yang mana seleksi pertama dilakukan di kampus yang bersangkutan masing-masing. Tentu saja mahasiswa yang dikirim merupakan yang terbaik dikampusnya. Juara di tahap II ini akan dikirim ke tahap III level nasional, yang menang di tahap III akan dikirim ke jenjang olimpiade matematika Internasional di Bulgaria Mei mendatang.

Tahun ini Tim ON MIPA 2016 Universitas Jember beranggotakan 28 mahasiswa, yang terdiri dari 10 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan 18 mahasiswa Fakultas MIPA (FMIPA). Dilepas oleh Rektor Universitas Jember, Moh Hasan juga berpesan bahwa anggota tim ON MIPA 2016 Universitas Jember adalah mahasiswa pilihan yang telah melalui proses seleksi panjang dan ketat agar percaya diri tidak perlu lagi merasa minder atau rendah diri dengan tim lainnya dari PTN dan PTS di wilayah Jawa Timur.

Adapun jenis bidang studi yang dilombakan di antaranya Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Bidang studi ini sudah sesuai dengan MIPA yang saat ini dikembangkan di beberapa kampus nasional. Untuk setiap masing-masing cabang lomba, Universitas Jember telah menyiapkan tujuh orang mahasiswa yang merupakan hasil seleksi, serta dipersiapkan di bawah bimbingan para dosen di FKIP dan FMIPA Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *