Open House Biologi dan Biological Science Day VII 2016

open_house_bio2016_1Program Studi Biologi FMIPA Universitas Jember menyelenggarakan Open House Biologi dan Biological Science Day VII (22-23/10). Acara ini untuk meningkatkan minat masyarakat umum tentang biologi dan khususnya siswa SMA/MA/SMK di wilayah Jawa Timur serta mendukung program pembelajaran inovatif dan kreatif. Open House diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya dalam rangka turut serta meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kreatifitas siswa. Sesuai tujuan dari ini yaitu menguji kemampuan akademik melalui Olimpiade Biologi dan menemukan solusi dan atau metodologi untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan sekitarnya dalam bentuk karya tulis ilmiah, menghasilkan produk-produk kerajinan yang ramah lingkungan berbahan baku limbah biodegradable maupun nondegradable dan yang terakhir meningkatkan minat siswa melalui kegiatan demonstrasi dan simulasi ilmiah dalam bidang biologi lingkungan.

Untuk menarik perhatian peserta acara Program Studi Biologi menyiapkan alat dan bahan pembelajaran biologi yang terbagi dalam 6 bidang yang merupakan laboratorium yang ada di Program Studi Biologi FMIPA yaitu Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Ekologi, Biologi Dasar, dan Bioteknologi.
– Laboratorium Botani : Identifikasi Spesimen Tumbuhan (Bryophyta, Pteridophyta, Pinophyta dan Spermatophyta), Pembuatan Herbarium, Pembuatan Media Kultur Jaringan.
– Laboratorium Zoologi : Pengamatan perkembangan embrio katak, Insektarium, dan Model mencit Ovariektomi.
– Laboratorium Ekologi : uji kualitas air, Optilab pengamatan indikator species (serangga air dan lichen), dan Daur ulang kertas;
– Laboratorium Biologi Dasar : Pengamatan Mitosis dan Drosophila,
– Laboratorium Mikrobiologi : Pembuatan Isolat mikrob, kultur mikrob, Cider, dan Yoghurt;
– Bioteknologi : Analisis DNA dan molecular fingerprint untuk forensik, Identifikasi spesies Ae. aegypti betina dan Pengamatan struktur Kelenjar Ludah (SG) Ae. aegypti dan Analisis Profil Protein Kelenjar Ludah Ae. aegypti dengan SDS PAGE.

open_house_bio2016_2 karya_tulisbio2016_sman1papar
open_house_bio2016_3 open_house_bio2016_4

Semua didemonstrasikan dan berbentuk simulasi untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan materi karena melihat langsung dan bisa mempraktekkan penggunaan alat dan bahan materi di Program Studi Biologi.

Secara keseluruha acara Open House Program Studi Biologi dapat dibagi sebagai berikut :
a. Biologycal Science Day
1. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMA/MA sederajat se-JawaTimur
– Tahap pertama pengumpulan abstrak  (18 Juli 2016 – 18 Agustus 2016)
– Seleksi 30 besar untuk masuk tahap selanjutnya.
– Seleksi 10 besar untuk masuk ke babak final untuk mendapatkan tiga pemenang.
Juara 1: SMAN 1 Papar, Juara 2 dan 3 : SMAN 2 Situbondo
2. Olimpiade tingkat SMA/MA sederajat se-JawaTimur.
– Tahap pertama babak penyisihan (9 Oktober 2016)
– Tahap kedua babak semifinal
– Tahap ketiga babak final (23 Oktober 2016) untuk mendapatkan tiga pemenang.

b. Lomba kreatifitas pemanfaatan limbah biodegradable dan nondegradable
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian siswa SMA/MA/SMK terhadap berbagai macam limbah baik yang dapat didegradasi (biodegradable) maupun yang tidak dapat didegradasi (nondegradable). Tujuan lomba untuk memacu daya kreatifitas yang inovatif dari peserta dalam memberikan solusi dan inspirasi pengurangan efek sampah padat yang dapat menurunkan kualitas tanah.

c. Open House aktifitas semua Laboratorium di Program Studi Biologi FMIPA Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *