Pedoman Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Penempuh Skripsi dan Tesis

“Mahasiswa diharapkan untuk mengacu pada pedoman penulisan karya ilmiah dalam menyusun skripsi ataupun tesis” himbau Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. Wakil Dekan I FMIPA Universitas Jember. Hal tersebut terungkap karena kurangnya mahasiswa untuk mengacu pada pedoman penulisan karya ilmiah yang diterbitkan Universitas Jember pada tahun 2016 lalu. Pedoman bisa diunduh di laman resmi FMIPA Universitas Jember pada menu Unduhan. Pedoman disusun sebagai langkah penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; serta sebagai pemacu gairah penulisan karya ilmiah melalui pemberian kepastian pedoman yang wajib diikuti oleh sivitas akademika di lingkungan Universitas Jember. “Sambil menunggu pedoman terbaru, mahasiswa bisa menjadikan pedoman ini untuk bekal menyusun skripsi atau tesis yang baik” harap Siswoyo. Penyempurnaan buku pedoman ini sendiri akan dilakukan secara periodik agar relevan dengan tuntutan perkembangan keilmuan.Pedoman ini disusun melalui berbagai tahap, baik melalui forum lokakarya maupun pembahasan intensif karena didalam juga mengatur rambu-rambu seperti etika penulisan, tata cara penulisan, penulisan rujukan, dan sistematika tugas akhir. “Penulisan yang baik dan benar dengan berpegang pada pedoman ini, akan memudahkan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir juga akan membantu dosen pembimbing skripsi atau tesis dalam memberikan pendampingan” tutupnya.

Untuk diketahui pedoman ini juga memuat panduan penulisan karya ilmiah baik untuk dipublikasikan maupun tidak dipublikasikan. Tugas akhir mahasiswa menjadi bagian dalam karya ilmiah yang tidak dipublikasikan. Laporan tugas akhir mahasiswa sendiri meliputi: a) Paper untuk mahasiswa Program Diploma III; b) Skripsi untuk mahasiswa Program Diploma IV atau Strata I; c) Tesis untuk mahasiswa Strata II atau Program Spesialis I; d) Disertasi untuk Program Doktor atau Spesialis II.

Dengan berpegang pada panduan Penulisan Karya Ilmiah, mahasiswa penyusun proposal dan laporan skripsi atau tesis bisa menghasilkan tugas akhir yang baik dan benar. Semua sistematika dituangkan dalam pedoman ini secara jelas berikut dengan contoh dalam penulisannya. Selain panduan skripsi dan tesis, pedoman ini juga menjelaskan tentang penulisan karya ilmiah yang bisa dipublikasikan ke beberapa jurnal yang ada di Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *