Pelatihan Membatik Warga Binaan LAPAS IIA Kabupaten Jember

DSCN7022Mahasiswa FMIPA Universitas Jember mengadakan pelatihan dan sosialisasi pembuatan batik khas Jember kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Jember yang bertempat di Aula Serbaguna LAPAS II A Jember pada tanggal 4 Juni 2016. Mahasiswa FMIPA Universitas Jember yang beranggotakan Ria Ammelia Wahyu (131810101008), Atiqa Hani Rahmatillah (131810101044) , Mohammad Solehuddin (121810201032), Fitri Khoiriyah (121810201031) dan Wulan Nursyiam (111810401024) didampingi salah staf pengajar FMIPA M. Ziaul Arif, S.Si., M.Sc.  menunjukkan kepedulian kepada narapidana dengan mengadakan pelatihan pembuatan batik untuk mengisi waktu luang dalam menjalani hukuman dan bekal jika keluar dari status warga binaan.

“Pelatihan bagi komunitas tertentu, kalangan pelajar atau kelompok masyarakat sudah sangat sering dilakukan, akan tetapi bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan bisa dibilang jarang dilakukan” tutur Ria Ammelia, salah mahasiswa FMIPA Universitas Jember seperti dikutip para pewarta di sekitar Jember. Acara pelatihan ini berlangsung juga atas dukungan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM juga tentunya dari Dinas Sosial Kabupaten Jember. Lebih lanjut Lia begitu mahasiswa tersebut disapa, mengatakan belajar seni membatik merupakan salah satu upaya dalam melestarikan warisan budaya bangsa, sehingga narapidana mampu berkarya dibalik jeruji besi untuk turut berpatisipasi.

DSCN7003 DSCN7004
DSCN6966 DSCN7016

Tanggapan dari warga binaan juga antusias dengan diadakannya kegiatan pelatihan membatik dari mahasiswa FMIPA, mereka berharap pembianaan seperti itu bisa berlangsung berkelanjutan hingga warga binaan LAPAS IIA Jember memiliki keahlian yang bisa diunggul pada saat keluar kelak. Pun dengan peluang kedepan juga besar dari kesenian membatik tersebut, sehingga kegiatan itu dirangkum dalam Proposal Program Kreativitas Mahasiswa dengan judul “Pembinaan Kelompok¬† Masyarakat Terpidana melalui Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Batik Khas Jember di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember” pada bidang PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *