Pengenalan Kehidupan Kampus 2016

DSCN7353Apa itu arti mahasiswa? demikian pertanyaan yang dilontarkan oleh Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember dalam
sambutannya pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus 2016 bagi 292 mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 di lapangan parkir FMIPA (15/8). “Para mahasiswa baru diharapkan untuk segera menyesuaikan diri dengan waktu dan lingkungan agar bisa melaksanakan perkuliahan dengan baik karena mahasiswa adalah agen perubahan (the change agent)” ujar Dosen pengajar Jurusan Fisika tersebut. Dalam acara ini Dekan FMIPA memperkenalkan para Pembantu Dekan, Ketua Sekretaris Jurusan, Kabag Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian di lingkungan FMIPA juga para fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan.

Sebelumnya di stadion Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D. Rektor Universitas Jember membuka secara resmi pengenalan kehidupan kampus 2016. Diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan peresmian pelantikan mahasiswa baru dan perkenalan para Dekan di lingkungan Universitas Jember. “Anda semua telah melewati melalui berbagai ujian SNMPTN, SBMPTN dan SBMPTBR hingga menjadi mahasiswa Universitas Jember. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak semua siswa bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi” ujar Dosen pengajar Magister Matematika FMIPA. Rektor meminta agar semua mahasiswa baru memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di kampus Tegalboto sebaik-baiknya dengan fasilitas yang telah disediakan.

DSCN7335 DSCN7336
DSCN7356 DSCN7327

Pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus di FMIPA pada tanggal 16 – 19 Agustus 2016 mahasiswa baru diberikan materi :
– Pendidikan Tinggi di Indonesia, Kegiatan Akademik di Perguruan Tinggi dan Mengenal Universitas Jember dan FMIPA
– Implementasi TI untuk Kegiatan Akademik (SISTER) dan Student Plan
– Kode Etik Mahasiswa Universitas Jember
– Pengembangan Kemahasiswaan dan Layanan Mahasiswa
– Manajemen Diri Mahasiswa (Sikap Kritis)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Pola Pikir Prestatif)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Ketrampilan Berkomunikasi)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Pengenalan dan Pengembangan Diri).

Pada tanggal 17 Agustus 2016 mahasiswa baru Universitas Jember diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera pengibaran merah putih di lapangan depan perpustakaan Universitas Jember. Dan pengenalan kehidupan kampus (PK2) 2016 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena pengelompokan peserta PK2 bukan berdasarkan fakultas. Jadi memungkinkan peserta PK2 FMIPA mengikuti materi di fakultas lain. Untuk character building tetap seperti tahun sebelumnya di selenggarakan di Secaba Rindam V Brawijaya Jember. Penutupan acara PK2 Mahasiswa Baru dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2016 dengan acara jalan sehat dan atraksi dari UKM Universitas Jember. (dokumentasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *