PK2 MABA FMIPA 2017, Dekan : Perbanyak dan Percepat Kredit Semester

DSCN9691“Anda bukan lagi menjadi Siswa tetapi seorang Mahasiswa yaitu suatu tahapan tertinggi dalam proses belajar mengajar” awal sambutan Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus 2017 bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 di lapangan parkir FMIPA (Senin, 14 Agustus 2017). “Sistem Kredit bagi Mahasiswa selayaknya kredit kepada bank atau yang lainnya, semakin mahasiswa banyak mengambil kredit dan segera mungkin menyelesaikannya maka akan mempercepat proses studi. Pesan saya selanjutnya adalah boleh mengikuti organisasi tapi kalau bisa setelah aman di semester ketiga” ujar tenaga pengajar Jurusan Fisika tersebut. Dalam acara ini Dekan FMIPA memperkenalkan para Wakil Dekan, Ketua Sekretaris Jurusan dan Kepala Sub Bagian di lingkungan FMIPA juga para fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan : DPM, BEM, HMJ dan UKM seperti Titik, Alpha, IONS, Palapa. Sebelumnya Wakil Dekan III FMIPA, Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. sebagai Ketua Pelaksana PK2 MABA FMIPA melaporkan bahwa TA 2017/2018 mahasiswa baru sebanyak 292 orang.

Pagi harinya di Stadion Universitas Jember, Moh. Hasan Rektor Universitas Jember membuka secara resmi pengenalan kehidupan kampus 2017. Diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan peresmian pelantikan mahasiswa baru dan penyerahan mahasiswa kepada para Dekan di lingkungan Universitas Jember. “Anda salah satu dari 7005 mahasiswa yang telah melalui berbagai ujian SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR, Program Alih Program dan Program Afiliasi hingga menjadi mahasiswa Universitas Jember. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak semua siswa bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi” ujar salah satu tenaga pengajar Magister Matematika FMIPA. Rektor meminta agar semua mahasiswa baru memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di kampus Tegalboto sebaik-baiknya dengan fasilitas yang telah disediakan, tempat yang nyaman dan rindang sangat menunjang untuk raih prestasi.

“Di era keterbukaan saat ini, latih dan tingkatkan penggunaan bahasa asing khususnya bahasa inggris, karena dibutuhkan skill bahasa inggris yang diatas rata untuk ikut bersaing. Universitas Jember pun menerapkan syarat kelulusan kepada mahasiswanya untuk memiiliki nilai yang sesuai kriteria tertentu” pungkas Pak Hasan.  Mahasiswa Baru dilantik oleh Rektor setelah sebelumnya mengucapkan ikrar terlebih dahulu. Untuk diketahui selain di Kampus Tegalboto, pada tahun ajaran ini kegiatan perkuliahan juga di lakukan di Kampus Universitas Jember di Bondowoso dan Lumajang.

DSCN9651 DSCN9671  DSCN9710
DSCN9691 DSCN9649 DSCN9702

Pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus di FMIPA Universitas Jember pada tanggal 15 – 18 Agustus 2017 yang pada tahun ini pelaksanaanya di masing-masing Program Studi. Setiap harinya mahasiswa baru diberikan materi :
– Pendidikan Tinggi di Indonesia, Kegiatan Akademik di Perguruan Tinggi dan Mengenal Universitas Jember dan FMIPA
– Implementasi TI untuk Kegiatan Akademik (SISTER) dan Student Plan
– Budaya Tertib dan Taat Aturan
– Pengembangan Kemahasiswaan dan Layanan Mahasiswa
– Manajemen Diri Mahasiswa (Sikap Kritis)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Pola Pikir Prestatif)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Ketrampilan Berkomunikasi)
– Manajemen Diri Mahasiswa (Pengenalan dan Pengembangan Diri).

Pada tanggal 17 Agustus 2017 mahasiswa baru Universitas Jember diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera pengibaran merah putih di lapangan depan Perpustakaan Universitas Jember. Dan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) 2017 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena untuk character building yang sebelumnya diselenggarakan di SECABA Rindam V Brawijaya Jember, tahun ini diagendakan di kampus Universitas Jember. (dokumentasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *