Perkuliahan di FMIPA UNEJ dengan E-Learning

Pelaksanaan Perkuliahan Mahasiswa pada Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 di FMIPA Universitas Jember telah menerapkan E-Learning UNEJ. FMIPA mengawali pelaksanaan implementasi E-Learning dalam pembelajaran bersama dengan beberapa fakultas lain di lingkungan Universitas Jember. Tenaga Pengajar sebelum memulai perkuliahan atau praktikum diwajibkan untuk melakukan login ke situs E-Learning Universitas Jember dan selanjutnya mengisi jurnal atau memilih jurnal yang telah dipersiapkan sebelumnya. Maka secara otomatis akan muncul ke daftar atau jadwal perkuliahan pada SISTER. FMIPA Universitas Jember dalam menunjang kegiatan tersebut telah mempersiapkan sarana yaitu sebanyak 43 nama wifi pada setiap ruang kelas atau laboratorium dengan nama yang sesuai dengan nama ruang di SISTER, sebagai koneksi agar perkuliahan dari dosen pada jam-jam yang telah terdaftar pada SISTER bisa tercatat. Selanjutnya kedepan akan dipasang finger print bagi mahasiswa untuk proses absensi perkuliahan pada ruang kelas dan laboratorium.

Dalam proses pelaksanaan di waktu seminggu awal, perkuliahaan dengan E-Learning masih ada beberapa kendala yang bisa terpetakan dalam kasus komputer, jaringan maupun aplikasi. Untuk komputer yang telah terpasang di 42 ruang kelas/laboratorium terdapat masalah diantaranya proses auto updating, permasalahan tersebut teratasi dengan perubahan skenario yang sebelumnya hanya bisa menggunakan komputer yang tersedia di kelas menjadi laptop yang digunakan dosen bisa digunakan dengan syarat harus melakukan koneksi ke wifi dengan nama ruang yang sesuai pada jadwal di SISTER. Dari sisi jaringan, Tim Jaringan UPTTI Universitas Jember telah menambah 3 titik wifi dari sebelumnya 24 titik yang tersebar di dalam dan luar ruangan kelas atau laboratorium di FMIPA. Sedang pada aplikasi, telah disediakan UC3 Universitas Jember untuk melaporkannya dengan sebelumnya melaporkan pada teknisi unit kerja dan operator akademik di masing-masing program studi.

Sekarang di FMIPA mahasiswa bisa melihat jadwal perkuliahan serta dosen yang mengajar beserta jurnalnya melalui layar monitor/tv yang tersedia di Program Studi selayaknya list bording di Bandara. Permasalahan dan kendala mungkin ada, tapi pihak pimpinan FMIPA berkomitmen untuk menampung segala masukan untuk hasil yang jauh lebih baik lagi untuk implementasi E-Learning dalam pembelajaran dengan selalu berkomunikasi kepada Ketua Program Studi dan seluruh tenaga pengajar untuk memberikan masukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *