Rapat Kerja Pimpinan FMIPA bahas Tupoksi Sub Unit Kerja

DSCN8719Pembahasan tugas pokok dan fungsi sub unit kerja di lingkungan FMIPA Universitas Jember dibuka oleh Drs. Sujito, Ph.D. di Auditorium Ijen View Hotel dan Resort Bondowoso (1-2 April 2017). “Sesuai dengan peraturan menteri No. 16 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jember, salah satu nya penggunaan nama Wakil Dekan dari sebelumnya Pembantu Dekan” jelas Dekan FMIPA dalam sambutannya. Acara yang diikuti para pimpinan di sub unit kerja : Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Program Magister, Ketua Laboratorium, Kepala Bagian Tata Usaha dan para Kasub Bagian di lingkungan FMIPA selama 2 hari akan membahas pengembangan tupoksi unit kerja. “Terapkan Plan & Do dan juga monitoring evaluasi pada saat penyusunan tugas pokok dan fungsi tiap unit kerja, sehingga mulai awal saat perencanaan hingga pelaksanaannya akan selalu dipertanggungjawabkan dan terkontrol” pesannya.

Pada hari pertama sesi dibagi per kelompok menjadi tiga bagian dalam penyusunan tupoksi unit kerja. Kelompok Ketua Program Studi terdiri para Ketua dan Sekretaris Progam Studi Sarjana (S1) serta Ketua Progam Studi Magister (S2). Kelompok Ketua Laboratorium diwakili oleh 2 Ketua Laboratorium setiap Program Studi. Dan yang terakhir kelompok Tata Usaha yang terdiri Kabag. Tata Usaha berserta Kasubag dibawahnya. Tiap kelompok berdiskusi menyusun tupoksi dengan mengacu pada Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2016 dengan dipandu Dekan dan para Wakil Dekan FMIPA Universitas Jember.

Hasil diskusi di hari pertama selanjutnya di presentasi pada hari kedua untuk di berikan masukan oleh kelompok lain. Dengan moderator Wakil Dekan II Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si., kelompok Ketua Laboratorium mendapatkan urutan pertama untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Bowo Eko Cahyono, S.Si., M.Si. sebagai perwakilan menjelaskan tupoksi Ketua Laboratotium sesuai arahan Dekan yaitu mengacu Plan & Do diantaranya Menyusun rencana pengembangan laboratorium yang meliputi peralatan dan SDM (tenaga kependidikan/PLP/Teknisi) bersama-sama dengan Ketua Program Studi, Merencanakan sistem administrasi laboratorium dengan mengembangkan struktur organisasi dan personalia pendukung. “Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan dan kelayakan sarana dan prasarana laboratorium untuk mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta kerja sama dengan pihak lain” lanjutnya pada bagian Monitoring dan Evaluasi. Dan masih beberapa poin yang mendapat masukan dari peserta kelompok lain.

DSCN8756 DSCN8737
DSCN8722 DSCN8724

Dokumentasi Selengkapnya 
(Rapat Kerja Pimpinan FMIPA 2017)

Sebagai perwakilan dari Ketua Program Studi, Dr. Bambang Piluharto, S.Si., M.Si. dari Kimia memaparkan bahwa Program Studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik,pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi. “Menyusun perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan Prodi” jelasnya mengenai poin – poin hasil diskusi para Ketua Prodi. Selain hal tersebut ada tupoksi : Mengkoordinasikan penyusunan dan pembaharuan kurikulum program studi yangmemenuhi standar nasional pendidikan tinggi dan mengacu pada KKNI, Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara reguler dan Membantu pelaksanaan monitoring, evaluasi/audit mutu pembelajaran yang dilaksanakan oleh Gugus Penjaminan Mutu internal.

Bagian Tata Usaha di Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2016 ada perubahan pada Subbagian yaitu Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Subbagian Umum dan Barang Milik Negara dan Subbagian Keuangan dan Kepegawaian. Subiyantoro, SE Kabag TU FMIPA memaparkan tupoksi Tata Usaha dan tiga subbagian yang ada dibawahnya. Disela pemaparan, Dekan menyampaikan bahwa nantinya di Universitas Jember penyusunan SKP tenaga kependidikan harus sesuai tupoksi dan akan disiapkan suatu sistem terkomputerisasi untuk mendukung hal tersebut.

Dekan FMIPA Universitas Jember sebelum menutup acara, menyampaikan pesan kepada peserta. “Pembahasan tugas pokok dan fungsi selama dua hari berlangsung sangat aktif dalam pembahasan per kelompok dan presentasi yang mendapat masukan dari kelompok lain, diharapkan nanti setelah di kampus ada koordinasi lagi untuk memantapkan hasilnya dengan menyatukan dalam tupoksi FMIPA Universitas Jember” pungkasnya.

2 thoughts on “Rapat Kerja Pimpinan FMIPA bahas Tupoksi Sub Unit Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *