Sosialisasi Program TASPEN pada FMIPA Universitas Jember

WhatsApp Image 2017-08-29 at 16.38.09“PT. TASPEN (Persero) memiliki 4 (empat) program utama yaitu Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM) bagi PNS Pusat atau Daerah serta Pejabat” jelas Amirul perwakilan dari PT. TASPEN Kantor Cabang Jember pada acara Sosialisasi Program TASPEN pada FMIPA Universitas Jember di Aula Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember (Selasa, 29 Agustus 2017). Dipaparkan juga mengenai hak, kewajiban, manfaat serta tata cara pengajuan klaim bagi peserta di setiap program yang ada dan juga siapa saja yang bisa mengikuti program tersebut. Bagi PNS akan dipotong 10% dari penghasilan dengan rincian 3,25% untuk Program THT, 4,75% untuk Program Pensiun dan 2% untuk Askes. “Persyaratan mudah dan cepat, cukup satu jam saja proses bisa selesai, isikan blangko yang tersedia dan lengkapi semua prasayarat yang telah ditentukan. Apabila pelayanan lebih dari satu jam, pihak kami akan memberikan bonus bagi calon peserta” lanjutnya dihadapan civitas akademika FMIPA yang terdiri tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang beberapa diantara akan memasuki masa pensiun dalam beberapa bulan kedepan atau dalam tahun 2017 ini.

Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember dalam sambutannya berpesan agar civitas akademika FMIPA memanfaatkan acara sosialiasi ini untuk mengetahui lebih jelas apa saja program TASPEN dan apa saja prasyarat khususnya kepada pegawai yang segera memasuki masa pensiun. “Silahkan bertanya kepada perwakilan TASPEN apa saja yang perlu disiapkan pada saat akan pensiun” ungkap Pak Jito. Untuk diketahui beberapa saat sebelumnya Dekan FMIPA pernah berkoordinasi dengan PT. TASPEN Kantor Cabang Jember untuk membahas mengenai beasiswa mahasiswa. “Jadi ini sekalian kalinya kita bertemu untuk menjalin kerjasama dengan TASPEN bagi mahasiswa dan sekarang memberikan sosialisasi bagi seluruh pegawai di lingkungan FMIPA” pungkasnya.

WhatsApp Image 2017-08-29 at 16.37.58 WhatsApp Image 2017-08-29 at 16.37.48
WhatsApp Image 2017-08-29 at 16.38.45 WhatsApp Image 2017-08-29 at 16.38.23

Secara runtut tiap program disampaikan oleh Pak Amirul perwakilan TASPEN, yang lebih banyak membahas program pensiun. Mulai pembayaran yang dilakukan setiap bulan hingga persyaratan pengurusan hak yang terbagi beberapa pengelompokan yaitu pensiun pertama sendiri, uang duka wafat, pensiun janda/duda dan pensiun pertama yatim piatu. Penyampaian program juga langsung disisipi pertanyaan dari beberapa peserta diantaranya pertanyaan tentang prasyarat mengenai pensiunan terusan. “Ada isitilah pensiun terusan terlebih dahulu bagi ada suami/istri peserta meninggal selama 4 bulan untuk PNS, selanjutnya akan menjadi pensiun janda/duda/yatim-piatu” jelas Pak Amirul yang datang bersama beberapa stafnya.

Diujung acara ada perwakilan dari Bank Yudha Bhakti Jember sebagai mitra pembayaran dana pensiun dari  PT. TASPEN (Persero). Sebagai mitra yang lolos dari seleksi dari TASPEN, Yudha Bhakti menawarkan beberapa solusi perbankan bagi peserta program TASPEN yang bisa diajukan sebelum atau pada saat pensiun. Sebagai penutup diadakan pembagian hadiah menarik pagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari perwakilan TASPEN. Dekan FMIPA Universitas Jember di akhir acara sosialisasi memberi cinderamata untuk PT. TASPEN (Persero) dan Bank Yudha Bhakti Jember

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *