Studi Kampus MAN Keboan Jombang ke FMIPA Universitas Jember

FMIPA Universitas Jember mendapat kunjungan Studi Kampus dari siswa – siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Keboan Jombang pada hari Kamis (5 Oktober 2017). Bertempat di Auditorium Program Studi Fisika, Dekan FMIPA Universitas Jember, Drs. Sujito, Ph.D menyambut dan memperkenalkan FMIPA pada para siswa. “FMIPA terdiri dari empat program studi sarjana dan tiga program studi magister yang semua terakreditasi B dan satu prodi yaitu program studi sarjana Fisika meraih akreditasi A pada bulan Juni 2017 kemarin” ungkapnya diawal sambutan. Disampaikan pula FMIPA telah menghasilkan alumni yang tersebar di beberapa lapangan pekerjaan, dari pemerintahan seperti guru, dosen dan pns. Adapula yang bergabung dengan swasta seperti bidang perbankan dan pertelevisan, pun yang menekuni bidang wiraswasta. “Karena mahasiswa FMIPA telah dilatih untuk bisa mandiri dan menguasai bidang ilmu yang didapat selama perkuliahan, disediakan banyak beasiswa juga untuk mahasiswa hingga pertukaran mahasiswa ke luar negeri seperti Jerman untuk membekali mahasiswa kelak selepas lulus dari FMIPA” pungkasnya.

Siswa MAN Keboan Jombang juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi program – program studi yang ada di FMIPA. Dengan dibagi menjadi empat kelompok secara bergilir belajar dan mengenal program studi di FMIPA yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sebagai pendamping Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) mengajak siswa untuk mengetahui ruang kelas, laboratorium dan sarana prasarana yang tersedia di program studi. Dikenalkan pula alat-alat yang digunakan untuk praktikum khususnya Fisika Dasar, Kimia Dasar dan Biologi Dasar. Untuk Matematika, siswa dikenalkan aplikasi yang biasa digunakan mahasiswa untuk praktikum seperti Maple, Matlab dan aplikasi online dari laboratorium statistika.

Yang menarik beberapa alumni dari MAN Keboan Jombang adalah sekarang menjadi mahasiswa FMIPA Universitas Jember. Salah satunya adalah Siti Febriana Fatmala, mahasiswa di Program Studi Matematika. Sebagai alumni, Siti menjadi guide bagi adik – adik kelasnya untuk jauh mengenal apa dan bagamimana FMIPA Universitas Jember. Kedatangan Studi Kampus MAN Keboan Jombang memang bisa dibilang tepat waktu, karena pada masa pertengahan semester gasal adalah hampir seluruh mahasiswa melaksanakan pratikum di laboratorium. Secara langsung para siswa bisa mengetahui proses pembelajaran dan praktek dengan alat yang sangat memadai di FMIPA Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *