Sujito, Ketua GPM FMIPA UNEJ: Penyusunan LKPS dan LEDPS

“Laporan Kinerja Program Studi dan Laporan Evaluasi Diri Program Studi adalah bagian dari Instrumen Akreditasi Program Studi yang dalam pengerjaannya dilaksanakan oleh UPMPS dan GPM FMIPA Universitas Jember” ungkap Drs. Sujito, Ph.D. Ketua Gugus Penjamin Mutu FMIPA UNEJ di Auditorium Jurusan Fisika (27/8). Lebih lanjut Sujito menerangkan bahwa status atau peringkat akreditasi program studi bersifat dinamis oleh karenanya mutu dibutuhkan penilaian secara sistematis dari perspektif pengguna. “Akreditasi adalah bagian dari sistem penjaminan mutu untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, peran GPM bersama UPMPS untuk menyusun LKPS dan LEDPS diharapkan akan mengurangi beban program studi pada saat akreditasi oleh BAN-PT” lanjutnya dihadapan peserta rapat yang juga diikuti beberapa personil UPMPS secara daring. BAN-PT sebagai badan akreditasi melalui Instrumen Akreditasi Program Studi atau IAPS 4.0 bertujuan agar prodi melakukan evaluasi diri sebagai bagian dari pengembangan institusi, yang hasilnya dipotret dan dilaporkan sebagai dokumen akreditasi yang berisi perkembangan terkini akreditasi, Laporan Kinerja Program Studi, Laporan Evaluasi Diri Program Studi dan proses penyusunan laporan evaluasi diri.

Penyusunan LKPS dan LEDPS di Universitas Jember melalui LP3M UNEJ, mengembangkan template dengan memanfaatkan MMP atau Media Manajemen Pembelajaran. “LP3M dalam menyusun LKPS dan LEDPS diwujudkan seperti suatu matakuliah dalam MMP, GPM FMIPA UNEJ berinisitif membuat template dalam bentuk ms. word sesuai format yang ditetapkan oleh BAN-PT” terang Sujito. Peserta rapat juga menyampaikan usulan agar dalam penyusunan LKPS dan LEDPS bisa dilakukan secara bersama dengan memanfaatkan Kawanda UNEJ. Tiap personil GPM bersama UPMPS bisa mengerjakan dan melakukan monitoring terhadap dokumen yang pada akhirnya diunggah ke MMP.

Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D dalam sesi penutupan mengungkapkan rasa senang karena agenda rapat secara luring dan daring bisa berlangsung secara baik dan diikuti antusias oleh semua peserta. “Saya senang pelaksanaan rapat ini bisa berlangsung dengan baik dan penuh semangat hingga sore ini, masukan dari peserta rapat akan kita tampung guna didiskusi dengan GPM FMIPA khususnya pengerjaan LKPS dan LEDPS melalui Kawanda UNEJ” tutupnya. Untuk diketahui ini kali pertama pelaksanaan rapat bersama di FMIPA UNEJ secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga daring dengan memanfaatkan aplikasi konferensi jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *