Uji Coba Internet Reactor Laboratory (IRL) BATAN Yogyakarta dan FMIPA Universitas Jember

Nuclear Physics Club (NPC) kembali adakan kegiatan, kali ini adalah uji coba IRL yang dipandu oleh Umar Sahiful Hidayat, M. Eng. selaku kepala Bidang reaktor BATAN Yogyakarta (11/9). Untuk diketahui Internet Reactor Laboratory (IRL) adalah salah satu hasil kerjasama antara FMIPA Universitas Jember dengan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN yang ditandatangani oleh Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. pada bulan Maret lalu. IRL menyajikan model layanan digital technology dan video conference untuk melaksanakan praktikum jarak jauh yang komprehensif dan mendasar tentang ilmu fisika inti. IRL berlangsung secara real time sehingga memungkinkan mahasiswa di seluruh Indonesia melakukan praktikum fisika inti menggunakan reaktor Kartini Yogyakarta tanpa terkendala jarak dan waktu. Uji coba IRL diperuntukkan untuk persiapan operasi juga langkah-langkah praktikum yang akan dimulai semester ini. Selagi memulai uji coba IRL, Umar juga mengajak peserta untuk tour de reactor Kartini. Tour singkat ini menunjukkan sisi-sisi dari reactor kartini yang digunakan saat praktikum berlangsung. “Saat ini IRL terdiri dari lima menu yang siap digunakan. Lima menu tersebut adalah Reactor Operation, Reactor Power Calibration, Negative Temperature Of Fuel, Reactivity Measurement, dan Critically” jelasnya.

Praktikum terdiri dari layanan video conference dan juga laman. Video conference digunakan untuk menunjukkan reaktor dan juga komunikasi secara langsung dengan operator. Sedangkan layanan laman, terdapat modul yang dapat diakses dan juga data-data parameter yang digunakan. Hasil dari praktikum yang berupa data-data siap olah juga dapat diunduh pada laman. Selain lima menu yang telah tersedia, PSTA juga tengah mengembangkan menu IRL adalah pengukuran fluks neutron, pengukuran delayed neutron, pengukuran burn-up bahan bakar, Neutron activation Analisist technique, dan perpindahan panas. “Untuk praktikum NAA (neutron activation analisist), nantinya mahasiswa kimia dapat turut berpartisipasi karena ada materi kimia analitik.” tuturnya.

Uji coba IRL secara daring ini diikuti oleh sekitar 60 mahasiswa, baik dari fisika yang akan menempuh mata kuliah Komputasi Atom dan Inti yang diampu oleh Dr. Ratna Dewi Syarifah, S.Si., M.Si. juga mahasiswa kimia. Adanya praktikum IRL ini diharapkan dapat menambah wawasan dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal dalam pengembangan teknologi nuklir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *