Wadek III FMIPA di P2MABA: Menjadi dewasa dengan mengatur waktu belajar

DSCN9930“Mahasiswa baru FMIPA harus bisa menjadi dewasa dengan mampu mengatur waktu untuk belajar sehingga bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu yang melalui P2MABA ini dipandu oleh pemateri dan kakak kelas untuk mendukung itu” pesan Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Universitas Jember pada pembukaan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2MABA) di Lapangan Olah Raga FMIPA, Minggu (3 September 2017). Wadek III bersama sub bagian Kemahasiswaan FMIPA sengaja memilih beberapa hari libur kedepan agar mahasiswa baru tidak terganggu dengan jadwal kuliah yang padat dan juga jadwal praktikum yang pada Tahun Akademik ini lebih panjang waktu tatap mukanya. “Kita sesuaikan jadwal kuliah dan praktikum yang ada dan juga beberapa agenda kedepan seperti yudisium, wisuda dan seminar nasional tentunya persiapan ujian tengah semester (UTS) di penghujung kegiatan P2MABA ini” pungkasnya. Sebelumnya secara berurutan Ketua Panitia P2MABA dan Ketua BEM FMIPA Universitas Jember melaporkan kegiatan yang tahun 2017 ini bertema Implementasi Jiwa yang Bertaqwa, Bertanggungjawab, Berprestasi, dan Bersollidaritas Tinggi dihadapan 292 mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018.

Pada hari pertama P2MABA FMIPA, mahasiswa baru dibagi menjadi 2 kelompok untuk diberikan materi tentang profil FMIPA. Di ruang aula biologi umum, Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Sujito, Ph.D. memperkenal mulai tugas fakultas, tugas dekan dan para wakil dekan hingga visi misi tujuan FMIPA yang tertuang dalam Renstra FMIPA tahun 2016-2020. “Sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016, Fakultas mempunyai tugas menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, dan/atau profesi dalam satu atau beberapa kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi” jelas Pak Jito. Fakultas dipimpin Dekan dengan dibantu oleh 3 Wakil Dekan yaitu Wakil Dekan I Bidang Akademik, Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. “Sebagai pelaksana administrasi dilingkungan FMIPA adalah Bagian Tata Usaha yang terdiri dari Sub bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Sub bagian Umum dan Barang Milik Negara, dan Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian” pungkasnya.

Di ruang auditorium Fisika, Wakil Dekan III FMIPA Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. mengawali materinya dengan menampilkan video tentang negara Korea pada 60 tahun yang lalu dengan era sekarang. “Amati video tersebut dan petik hikmah dari perjuangan bangsa Korea yang kurang lebih sama dengan kita bangsa Indonesia dalam usianya” pinta Dosen dari Tanah Aceh ini. Dengan diputarkan video tersebut diharapkan mahasiswa baru bisa meniru sikap kerja keras, disiplin dan siap untuk maju pada era saat ini. Sama halnya dengan ruang aula biologi umum, disampaikan pula tentang profil dari FMIPA Universitas Jember. Selanjutnya setelah istirahat, peserta P2MABA mengikuti materi Profil BEM, Profil DPM, Video Motivasi dan ditutup oleh Profil dari seluruh UKM yang ada di lingkungan FMIPA.

DSCN9928 DSCN9927
DSCN9950 DSCN9934

Jadwal selanjutnya pada 9 September 2017 pekan depan, peserta P2MABA mengikuti acara Open dari UKM di FMIPA yaitu DPM, ALPHA, TITIK, IONS, Palapa, BEM dan SPORA. Khusus di 6 September 2017 besok diadakan Pelatihan Tematik Al-Quran di Gedung Jurusan Matematika FMIPA. Pekan III Sabtu 16 September 2017 peserta akan mendapatkan materi tentang Keorganisasian oleh Agung Tjahjo Nugroho, S.Si., M.Phill., Ph.D., Manajemen Waktu oleh Tim PIMNAS, Paradigma, Mindset dan Values yg berlandaskan pada Nilai2 Kebenaran oleh Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. dan Urgensi Beragama oleh Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. Kegiatan P2MABA FMIPA akan ditutup pada 23 September 2017 dengan acara Having Fun yang sebelumnya akan ada materi Sosialisasi SKPI oleh Evan Agus Maulana dan Mawapres oleh Arina Amali Putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *