KeRis Data Science : Webinar Series #1 Machine Learning dengan R berbasis Web-GUI

Kelompok Riset Data Science Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember selenggarakan Webinar R Computation Series dengan tema Doing machine learning with R easier (15/7). Prof. Drs. I Made Tirta, M.Sc. Ph.D., Guru Besar Statistika Jurusan Matematika sebagai narasumber menyampaikan materi dengan judul Machine Learning dengan R berbasis Web-GUI. “Machine learning dengan R makin mudah dengan memanfaatkan Virtual Statistics Laboratory yang ada di Laboratorium Statistika Jurusan Matematika. Pengguna bisa menentukan tujuan analisis, pemilihan variabel model hingga jenis fitur plotnya” jelas Prof. Made dihadapan peserta webinar. Webinar Series #1 diikuti mahasiswa sarjana dan magister matematika FMIPA UNEJ, tenaga pendidik di lingkungan Universitas Jember, pemerhati statistika dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, IAIN Purwokerto, Universitas Manchung Malang, IKIP Saraswati Tabanan Bali dan Universitas Riau Kepulauan.

Koordinator KeRis Data Science Dr. Alfian Futuhulhadi menyampaikan kegiatan webinar Machine Learning dengan R berbasis Web-GUI merupakan disseminasi hasil kelompok riset Data Science. “Agenda webinar ini adalah yang pertama, selanjutkan akan ada kegiatan serupa dari KeRis Data Science pada bulan depan dengan narasumber salah satu dosen matematika yang studi lanjut di Finlandia” ungkap Alfian. Sebelum masa pandemi, KeRis Data Science telah beberapa kali mengadakan kegiatan kuliah tamu yang menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar negeri.

Untuk diketahui Virtual Statistics Laboratory dengan memanfaatkan server yang berada di UPTTIK Universitas Jember adalah wahana untuk belajar, berlatih statistika dan melakukan analisis data dengan memanfaatkan kemampuan R melalui R-Shiny, yang juga didukung kemampuan menampilkan notasi matematika dengan LaTeX melalui MathJax. “Dengan adanya toolkits R-shiny, dimungkinkan membuat interface GUI-web sehingga seseorang bisa belajar statistika dengan bantuan visualisasi R tanpa harus menguasai R” lanjut Prof Made memperkenalkan laboratorium virtual Statistika. Komunikasi dengan pengguna dapat dilakukan dengan ramah melalui web dengan tujuan untuk membantu pemahaman konsep-konsep statistika. Mayoritas bahan pembelajaran pada Virtual Statistics Laboratory berbentuk tutorial/hand out/ lecture notes elektronik yang ilustrasinya disimulasikan langsung dengan R.

Peserta webinar dari luar kota bahkan luar negeri dapat mempraktekkan langsung Virtual Statistics Laboratory karena pengguna bisa mengimpor datanya sendiri yang selanjutnya dianalisis sesuai keperluan. Hal terungkap dalam chat peserta dalam sesi tanya jawab dengan narasumber. Diantaranya M. Ziaul, dosen Jurusan Matematika yang sedang studi di Finlandia menyampaikan akses ke Virtual Statistics Laboratory lancar tanpa kendala. Narasumber Prof. Made membagikan doorprize berupa buku terbaru karyanya kepada peserta webinar terpilih.

Daftar Peserta Webinar R Computation Series #1

Nama LengkapInstansi/Universitas
Dian AnggraeniUniversitas Jember
Abduh RiskiUniversitas Jember
Binti AriantiUniversitas Jember
Okit TazkiyahUniversitas Jember
Ahmad Saiful RizalUniversitas Jember
Unik Novita WulandariUniversitas Jember
Muhammad Bagus Kurniawan. S.SiUniversitas Jember
M. Ziaul ArifUniversitas Jember
Nurika Heianti PutriUniversitas Jember
Yuliani Setia DewiUniversitas Jember
Dra. Made Adi Andayani T., M.Ed.Universitas Jember
Dr. Iqbal Kharisudin, M.Sc.Universitas Negeri Semarang
HermansahUniversitas Riau Kepulauan
Drs. I Putu Sukmaantara, M.EdUniversitas Jember
Dr. Mutijah, S.Pd., M.Si.IAIN Purwokerto
Dwi Putri AntikaUniversitas Jember
Ingka Maris, S.SiUniversitas Jember
Faisal SusantoUniversitas Jember
Muhammad Bayu NirwanaUniversitas Sebelas Maret Surakarta
Ema Fahma FarikhaUniversitas Jember
apt FX. Haryanto Susanto, M. FarmUniversitas Machung Malang
Yona Eka PratiwiUniversitas Jember
Dr. Dra. Umu Sa'adah, M.SiUniversitas Brawijaya Malang
Mega Ervannanda Putri, S.Si., M.Pd.Umum
CHANDRIKA DESYANA PUTRIUniversitas Jember
Niswatul Qona'ah, S.Si, M.StatUniversitas Sebelas Maret Surakarta
Tatik WidiharihUniversitas Diponegoro
Ria Ammelia WahyuUniversitas Jember
Dra. Sri Sulistijowati Handajani,M.Si.Universitas Sebelas Maret Surakarta
Izdihar SalsabilaUniversitas Jember
Ahmad Rizqi PradanaUniversitas Jember
DRS. I WAYAN SUDIARTA, M.PIKIP Saraswati Tabanan
Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.SiFKIP UNEJ
Aminatus SholihaUniversitas Jember
Drs.I Made Aryantha, M.Pd.IKIP Saraswati Tabanan
Prasanti Mia PurnamaUniversitas Jember
Winita SulandariUniversitas Sebelas Maret Surakarta
Dr. Di Asih I Maruddani, S.Si., M.Si.Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *