9 Kota di Jawa-Bali serentak laksanakan Olimpiade BSD IX 2018

Jember, Probolinggo, Mojokerto, Banyuwangi, Madura, Kediri, Gresik, Situbondo dan Bali serentak laksanakan seleksi awal Olimpiade BSD IX (Biological Science Day) pada Minggu, 7 Oktober 2018 kemarin. Acara tahunan ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Jember. BSD IX terdiri dari dua serangkaian acara, yaitu Olimpiade Biologi se-Jawa Timur Bali, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) SMA/SMK/MA/sederajat se Jawa-Bali. Bertemakan “Explore Your Skill, be a Brilliant Scientist!”, BSD IX Tahun 2018 ini tampil berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Sesuai dengan temanya, skill (kecakapan) dalam hal uji laboratorium pada peserta lomba akan dikembangkan. “Sehingga tidak hanya ikut lomba saja, peserta juga dapat tambahan wawasan ilmu khususnya tentang laboratorium dari kegiatan ini” ujar Nuril Azizah, Ketua  Pelaksana BSD IX. Bagi siswa yang memasuki babak semifinal akan mendapatkan skill laboratorium training. Pelatihan laboratorium ini akan mempelajari lima kombi laboratorium yang ada di Jurusan Biologi Fakultas MIPA, yaitu zoologi, botani, ekologi, mikrobiologi, dan bioteknologi.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, BSD diikuti sekitar 300 peserta, Juara I Olimpiade Biologi  diraih oleh Muhammad Rakha Fairuz siswa dari MBI-Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Sedangkan untuk LKTI dimenangkan oleh Tri Sunan Agung dan Satriyo Budiman dari SMA Antartika Sidoarjo. Peserta juga diberika pengenalan tentang 6 bidang yang ada di Jurusan Biologi FMIPA yang juga merupakan laboratorium yang ada di Program Studi Biologi FMIPA yaitu Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Ekologi, Biologi Dasar, dan Bioteknologi.
– Laboratorium Botani : Identifikasi Spesimen Tumbuhan (Bryophyta, Pteridophyta, Pinophyta dan Spermatophyta), Pembuatan Herbarium, Pembuatan Media Kultur Jaringan.
– Laboratorium Zoologi : Pengamatan perkembangan embrio katak, Insektarium, dan Model mencit Ovariektomi.
– Laboratorium Ekologi : uji kualitas air, Optilab pengamatan indikator species (serangga air dan lichen), dan Daur ulang kertas;
– Laboratorium Biologi Dasar : Pengamatan Mitosis dan Drosophila,
– Laboratorium Mikrobiologi : Pembuatan Isolat mikrob, kultur mikrob, Cider, dan Yoghurt;
– Bioteknologi : Analisis DNA dan molecular fingerprint untuk forensik, Identifikasi spesies Ae. aegypti betina dan Pengamatan struktur Kelenjar Ludah (SG) Ae. aegypti dan Analisis Profil Protein Kelenjar Ludah Ae. aegypti dengan SDS PAGE.

Pendaftaran olimpiade telah dibuka sejak 19 Mei hingga berakhir pada tanggal 6 Oktober 2018 yang lalu. Setelah pelaksanaan babak penyisihan di 9 kota/region akan dilanjutkan dengan semifinal dan final pada tanggal 20 Oktober. Sedangkan untuk LKTI telah diumumkan 10 finalis pada 7 Oktober 2018 kemarin dengan daftar peserta dibawah ini untuk selanjutnya mengikuti semifinal dan final pada 13 Oktober 2018 di Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *