Akan ada yang baru di Alur Sistem Tugas Akhir Universitas Jember

“Akan ada beberapa perbedaan dari alur yang lama dengan yang baru terutama pada proses unggah artikel, yang sebelumnya dilakukan di SISTER ke depan di unggah pada Jurnal yang telah tersedia di UNEJ” jelas Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. pada awal Sosialisasi Alur Sistem Tugas Akhir Universitas Jember di Auditorium Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Jember (7/2). Hal lain yang berbeda adalah mahasiswa tidak lagi mengunggah file artikel ilmiah di SISTER UNEJ tapi cukup bukti submit artikel ilmiah dari jurnal yang telah dipilih. “Mahasiswa tinggal memilih jurnal yang telah tersedia di laman jurnal UNEJ, tentunya dengan memperhatikan kondisi jurnal seperti current issue-nya. Pastikan jurnal tersebut aktif, ini berpengaruh saat artikel tersebut akan di review dan proses selanjutnya” lanjutnya. Beruntung di Fakultas MIPA memiliki dua jurnal yang telah terakreditasi dan aktif juga, yakni Jurnal ILMU DASAR dan Berkala Sainstek. Berkala Sainstek terdiri dari FMIPA, Fakultas Teknik dan Fasilkom.  Selain itu tidak menutup kemungkinan untuk di unggah pada jurnal yang memiliki kesesuaian dengan artikel, seperti bidang pertanian ada Berkala Ilmiah Pertanian, kesehatan ada Pustaka Kesehatan atau NurseLine Journal. Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Tim Open Journal System (OJS) UNEJ dengan mendatangi semua Fakultas di Universitas Jember.

Siswoyo juga menyampaikan peran dosen pembimbing dalam alur yang baru tersebut. Mahasiswa diharapkan untuk selalu berkonsultasi dengan pembimbing pada saat pemilihan jurnal untuk unggah artikel ilmiahnya. “Dosen Pembimbing juga berperan aktif untuk mengetahui isi artikel bimbingannya dan memberikan arahan untuk memilih jurnal yang tepat. Bisa juga untuk diunggah di jurnal luar UNEJ” ungkapnya dihadapan peserta dosen pembimbing, mahasiswa dan kombi di lingkungan FMIPA UNEJ. Pada saat unggah artikel, mahasiswa juga bisa menyertakan dosen pembimbing sebagai corresponding author. Hal tersebut berguna jika pada saat mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa dihubungi, sedangkan artikel membutuhkan revisi untuk proses yang lebih lanjut. Untuk artikelnya pun bisa merupakan gabungan dari beberapa mahasiswa dan buktinya bisa diunggah meskipun dengan satu nama mahasiswa atau dosen pembimbingnya.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi Alur Sistem Tugas Akhir Universitas Jember

Di kesempatan itu juga disampaikan tata cara registrasi hingga unggah artikel di jurnal Universitas Jember. Untuk diketahui terdapat 67 jurnal yang ada di UNEJ dengan menggunakan OJS. “Buka laman jurnal.unej.ac.id pilih jurnal yang anda inginkan, lakukan registrasi, isikan semua data yang diminta. Khusus email disarankan untuk email unej dan aktif, hal tersebut karena jurnal UNEJ telah terintegrasi dengan SISTER UNEJ” terang Siswoyo. Setelah berhasil mahasiswa akan mendapatkan notifikasi untuk aktifkan akun di OJS. Langkah selanjutnya adalah unggah artikel, login dengan username dan password yang telah anda daftarkan sebelumnya. Pilih New Submission, Pilih Section atau bagian jika jurnal tersebut telah memilah menjadi beberapa bagian, Beri centang untuk aturan yang harus dipahami, Unggah artikel dengan memilih article text, kelebihan OJS file yang diunggah bisa beberapa jenis bisa docx, odt,pdf maupun latex. Isikan metadata yakni judul artikel, abstrak, dan contributors. “Disinilah mahasiswa menambahkan dosen pembimbing sebagai corresponding author. Jika selesai maka akan ada notifikasi ke email untuk dijadikan sebagai bukti telah submit artikel ilmiah dan diunggah ke SISTER UNEJ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *