Bakal Calon Dekan FMIPA UNEJ Periode 2020-2024 sampaikan Visi, Misi, dan Program Kerja

Panitia Penjaringan Bakal Calon Dekan FMIPA Universitas Jember gelar Rapat Senat Terbuka Penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja Bacadek Periode 2020 – 2024 di Ruang Auditorium Jurusan Fisika FMIPA UNEJ (14/11). Rapat senat terbuka diikuti anggota senat fakultas, dosen, tenaga kependidikan, perwakilan organisasi kemahasiswaan, dan stakeholder yang dalam kesempatan ini dihadiri MGMP Kabupaten Jember. Dipimpin oleh Drs. Sujito, Ph.D. selaku ketua senat sekaligus Dekan FMIPA, kedua bacadek yakni Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. dan Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. paparkan ide dan gagasan terbaik demi kemajuan FMIPA UNEJ. Untuk diketahui proses penjaringan bakal calon dekan FMIPA telah dilakukan oleh panitia mulai tahap sosialisasi, pendaftaran melalui laman pildek, proses verifikasi, penetapan hingga pengumuman bakal calon dekan. “Tahapan demi tahapan proses penjaringan telah dilaksanakan oleh panitia, hingga pada rapat senat terbuka ini kita telah memiliki dua bacadek yang akan menyampaikan program kerja tentunya dengan visi misi untuk memimpin FMIPA UNEJ pada periode selanjutnya” ujar ketua senat mengawali rapat terbuka. 

Kesempatan pertama penyampaian visi, misi, dan program kerja menjadi giliran Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. dengan berdasarkan undian yang sebelumnya dilakukan oleh ketua senat. Pria yang pernah memimpin UPT Penerbitan Universitas Jember ini ingin menjadikan FMIPA yang bersinergi, kompeten dan bermartabat melalui visinya. “Untuk mencapainya dibutuhkan peningkatan kerjasama internal dan eksternal dalam penyelenggaraan tri dharma, peningkatan kompetensi kemipaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan juga penegakan norma, etika akademik, sosial dengan dukungan tata kelola fakultas yang transparan dan bertanggung jawab” jelasnya. Siswoyo juga menekankan bahwa siapapun yang diberi amanah sebagai pengelola FMIPA seyogyanya harus memperhatikan dengan cermat dan berusaha dengan segala kemampuannya untuk mewujudkan visi dan menjalankan misi yang telah disusun oleh para pendahulu FMIPA yang tentunya merupakan cermin cita-cita bersama warga FMIPA UNEJ.

Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. pada urutan selanjutnya memiliki visi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Menjadi Institusi Pembelajaran yang Lebih Menyenangkan. “Visi tersebut ditargetkan akan dapat terwujud melalui misi yang dirumuskan sebagai acuan pelaksanaan yaitu penyelengaraan pendidikan bidang saintek yang berkualitas dan berstandart internasional, menghasilkan dan mengembangkan saintek dengan proses penelitian pengabdian, pengembangan tata kelola FMIPA yang transparan dan akuntabel berbasis TIK dan tentunya mengembangkan jejaring kerjsama dengan stakeholders dalam dan luar negeri” paparnya. Sjaifullah yang saat ini menjabat Wakil Dekan I FMIPA UNEJ juga menjelaskan program kerjanya adalah cerminan untuk mewujudkan target dan sasaran yang pada akhirnya berujung pada pengakuan masyarakat terhadap FMIPA yang diwujudkan dengan akreditasi unggul dari badan akreditasi nasional dan internasional.

Sesi selanjutnya adalah diskusi dengan dipimpin ketua senat dengan memberikan kesempatan bertanya dari anggota senat, perwakilan dosen, tenaga kependidikan, organisasi kemahasiswaan dan stakeholder. Diawali dari anggota senat Dr. Hidayat Teguh yang menanyakan program bacadek untuk meningkatkan kerjasama dengan stakeholders selain dengan guru yang telah terjalin. Prof. I Made Tirta juga menanyakan kiat bacadek untuk mempermudah dalam mengurus kenaikan pangkat tenaga dosen. Sedangkan Yuswita Sari, MGMP Biologi Kabupaten Jember yang diundang sebagai stakeholder berharap siapapun yang terpilih menjadi Dekan FMIPA UNEJ untuk tetap menjalin dan lebih meningkatkan kerjasama dengan MGMP dalam beberapa kegiatan seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian. Rapat senat terbuka FMIPA ditutup dengan close statement dari kedua bacadek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *