FMIPA bersama unit kerja di lingkungan UNEJ siap selenggarakan UTBK 2019

Bertempat di Laboratorium Dasar Matematika Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember Sabtu kemarin (9/3) diselenggarakan Ujicoba dan Simulasi Nasional UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Bersama dengan beberapa Unit kerja/Fakultas di lingkungan Universitas Jember dan Mitra yakni beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di wilayah Kabupaten Jember yang telah ditunjuk LTMPT. Dikoordinasi dari UPTTIK UNEJ, persiapan ujian dilakukan mulai pukul 07.45 dengan verifikasi peserta ujian UTBK. “Proses yang segera akan dilakukan adalah unduh oleh admin dashboard oleh Admin Server, kemudian unduh segel ujian, kemudian pada menu verifikasi ruangan terdapat verifikasi akun dummy yang hari ini akan digunakan untuk uji coba” jelas Dedi Priyas Yulianto, S.Kom selaku Koordinator TIK UTBK. Setelah proses unduh dan inject paket ujian, peserta ujian dipersilahkan untuk masuk ruangan ujian. Lab. Dasar Matematika FMIPA dengan kapasitas 30 unit komputer segera melaksanakan ujicoba UTBK Nasional, yakni TPS dan TKA Saintek/Soshum, semua unit dilakukan ujicoba guna kesiapan UTBK sesungguhnya bulan depan. Untuk pengawas ujian disediakan komputer tersendiri untuk melakukan proses verifikasi peserta, absensi kehadiran, pengisian berita acara dan beberapa fitur yang tersedia di dashboard pengawas ujian.

Ujian dinyatakan selesai pada pukul 10.30 dan selama proses ujicoba, tester yang merupakan teknisi ruangan mencoba seluruh komputer yang akan digunakan UTBK. Setelah selesai hasil ujian di unggah ke dashboard UTBK beserta dengan berita acara ujian dan pada akhirnya dilakukan penghancuran data paket soal. Koneksi jaringan dan aplikasi pendukung menjadi perhatian serius bagi teknisi ruang dan admin server. Hal tersebut terungkap koordinasi hari sebelumnya yang dilaksanakan di ruang telekonferensi UPTTIK UNEJ. “Kita lakukan verifikasi jumlah perangkat komputer yang digunakan, infrastruktur jaringan dan instalasi aplikasi pendukung UTBK, hari ini semua dalam kondisi siap untuk ujicoba esok hari” ungkap Erick Supartha, S.Kom sebagai Koordinator Pelaksana. Lab Dasar Matematika FMIPA sendiri telah mempersiapkan diri karena sebelumnya pernah digunakan untuk SBMPTBR yang lalu, hanya dari sisi aplikasi untuk diperbarui dengan versi yang terbaru.

Untuk diketahui bahwa tahun 2019 ini semua ujian masuk perguruan tinggi negeri termasuk UTBK dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yakni lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dan proses pendaftaran UTBK untuk Gelombang Pertama pada 1 Maret hingga 24 Maret 2019. Berikutnya, pendaftaran Gelombang Kedua UTBK pada 25 Maret hingga 1 April 2019. Untuk pelaksanaan ujian, sesuai laman kemenristekdikti waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama dan gelombang kedua akan digabungkan pada 13 April hingga 4 Mei 2019 pada setiap lokasi lokal UTBK di setiap provinsi. Untuk informasi penting lainnya bisa mengunjungi laman resmi dari LTMPT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *