FMIPA UNEJ Gelar The Second International Basic Science Conference (IBSC) 2024

Fakultas MIPA Universitas Jember selenggarakan The Second International Basic Science Conference atau IBSC 2024 (8/10). Bertempat di gedung kewirausahaan UNEJ lantai 3, tahun ini mengambil tema ““AI at the Frontier of Natural Sciences: Trends and Future Directions“. Menghadirkan keynote speaker Prof. Dr. Ismail Naci CANGÜL dari Bursa Uludag University, Turkey, Dr. S. Stalin dari SASTRA Deemed to be University, India, Prof. Dr. -Ing. Hendro Wicaksono dari Constructor University Bremen gGmbH, Germany dan Dr. M. Kamaraj dari SRM Institute of Science and Technology, India. The 2nd IBSC 2024 digelar secara hybird, diikuti 53 peserta dan Dr. M. Kamaraj dari India hadir di UNEJ berikan materi.

The 2nd IBSC 2024 resmi dibuka oleh Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D. Wakil Rektor UNEJ bidang perencanaan, kerja sama, dan sistem informasi. Dalam sambutannya, Prof. Bambang sampaikan IBSC merupakan konferensi menyebarluaskan ilmu pengetahuan, berinteraksi dengan para ahli  dan memperkuat jaringan profesional. “IBSC adalah wadah untuk berdiskusi dan berbagi untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya. Diharapkan luaran konferensi yang membahas tema kecerdasan buatan mampu menjadikan ilmu pengetahuan alam garis depan di tren dan arah masa depan penelitian.

Dekan FMIPA UNEJ, Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. dalam pidato pembukaan katakan The 2nd IBSC 2024 merupakan konferensi yang memberikan kesempatan para scientist untuk berdiskusi serta mendorong kolaborasi penelitian internasional. “Saya sampaikan terima kasih kepada keynote yang akan berbagi ilmunya juga para peserta yang presentasikan hasil penelitiannya untuk kita diskusikan dan menjadikan kolaborasi internasional di masa mendatang,” ujarnya. Prof. Dafik juga berikan apresasi kepada Dr. M. Kamaraj dari India yang bersedia hadir langsung di The 2nd IBSC 2024.

Dr.rer.nat. Fuad Bahrul Ulum, S.Si, M.Sc. Chairman of The 2nd IBSC 2024 katakan 53 peserta akan terbagi dalam 5 parallel room untuk presentasikan materinya. “Luaran IBSC 2024 akan di publikasikan ke AIP Proceedings dengan scopus index, setelah semua peserta presentasikan materinya,” jelasnya. Fuad juga sampaikan terima kasih atas dukungan pimpinan FMIPA, UNEJ dan seluruh tim panitia hingga terselanggara The 2nd IBSC 2024.

Usai pembukaan dilanjutkan plenary session diawali Dr. M. Kamaraj yang sampaikan materi secara luring. Berurutan secara daring Prof. Dr. -Ing. Hendro Wicaksono, Prof. Dr. Ismail Naci CANGÜL dan ditutup oleh Dr. S. Stalin. Dilanjutkan parallel session yang terbagi 5 room dengan bidang biologi, fisika dan kimia, dan matematika. Diujung acara The 2nd IBSC 2024, diumumkan best presenter dari tiap-tiap ruang sekaligus penutupan oleh Dr.rer.nat. Fuad Bahrul Ulum, S.Si, M.Sc. Chairman of The 2nd IBSC 2024.

Dokumentasi The 2nd IBSC 2024