“Capaian yang akan kita raih dalam diskusi ini diantaranya RPS yang menerapkan Case Method dan atau Team Based Project,” awal Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang. Selain RPS, rumusan CPMK dan sub CPMK, rancangan pembelajaran, hingga asesmen sesuai capaian pembelajaran adalah inti dari strategi dan implementasi Case Method dan Team Based Project. Semua diungkap Guru Besar yang juga Koordinator Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNNES saat menyampaikan materi kepada dosen FMIPA secara daring (15/2).
Prof. Edy juga menyampaikan peran capaian pembelajaran dalam desain pembelajaran. “Perlu diperhatikan standar kompetensi pada capaian pembelajaran pun dengan standar isi bahan kajian didukung metode pembelajaran dan aktivitas belajar sesuai standar juga untuk menghasilkan standar penilaian pada suatu tugas,” jelasnya. Untuk metode pembelajaran sesuai IKU butir 7 pada Kepmendikbud No. 3 Tahun 2021. “Pada IKU butir 7, Case Method dan Team Based Project merujuk pada RPS, pelaksanaan yakni peran mahasiswa hingga asesmen dan evaluasi,” lanjutnya.
Sebelumnya Wakil Dekan I FMIPA UNEJ Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. selaku moderator menyampaikan bahwa agenda ini juga sebagai referensi para dosen di FMIPA yang sedang mengisi RPS secara sistem. “Semoga dengan pemateri Prof. Edy bisa mencerahkan para dosen FMIPA yang saat ini sedang mengisi RPS secara tersistem di UNEJ,” harapnya. Wadek I FMIPA menyampaikan model pembelajaran Case Method dan Team Based Project sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di FMIPA.
Pada Project Based Learning disampaikan oleh Prof. Edy ada beberapa karakteristik yang perlu dipahami. “Pertanyaan pendorong, tujuan pembalajaran, pengalaman ilmiah, kolaborasi, teknologi dan hasil produk merupakan karekteristik dari Project Based Learning,” jelasnya. Selanjutnya akan mengarah pada pembelajaran team based learning yang didalamnya terdapat persiapan proyek (identifikasi dan perumusan masalah juga perancangan proyek), pelaksanaan proyek (inkuiri dan monitoring) yang terakhir ekspos (presentasi hasil, penilaian dan evaluasi).
Prof. Edy juga mengulas Case Mehod yang merupakan bentuk pengajaran aktif yang berfokus pada suatu kasus dan melibatkan mahasiswa belajar untuk belajar mandiri. “Kasusnya bisa kisah nyata atau rekaan yang mencakup pesan pendidikan atau peristiwa yang diceritakan kembali, masalah, dilema, masalah teoretis atau konseptual yang memerlukan analisis dan/atau pengambilan keputusan.” jelasnya. Diujung acara peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri.