Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran di FMIPA

Bertempat di Ruang Kuliah I Lantai 2 Jurusan Kimia FMIPA diselenggarakan Pelatihan Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran untuk tenaga pengajar di lingkungan FMIPA Universitas Jember (Selasa, 13 Pebruari 2018). Acara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Training of Trainer (TOT) E-Learning bagi dosen Universitas Jember di Aula lantai 2 Gedung SAC Universitas Jember pada tanggal 8 Februari 2018 yang lalu. Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran LP3M Universitas Jember melatih perwakilan dosen untuk mampu menjadi pelatih/pendamping dan mengajarkan materi E-Learning kepada rekan sejawat/seprofesi di unit kerja. “E-Learning Universitas Jember telah diintegrasi dengan Sister Informasi Terpadu (SISTER) UNEJ, tenaga pengajar akan bisa memeriksa perangkat pembelajarannya lewat SISTER yang tersusun pada setiap mata kuliah” jelas Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember diawal acara. Integrasi ini akan membuat menajemen dokumen yang secara efektif, efisien dan akuntabel. “Secara fisik penunjang juga akan dipersiapkan untuk ruang kelas dan laboratorium dengan dilengkapi PC Desktop, LED TV Plasma dan Finger Print sebagai penunjang pembelajaran dengan E-Learning” pungkasnya.

Wakil Dekan I FMIPA, Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. juga menyampaikan bahwa perangkat pembelajaran yang nanti di unggah dosen ke E-learning akan menjadi prasyarat dalam pemrosesan BKD dosen. “Silabus mata kuliah, RPS, dan Kontrak Kuliah wajib di unggah dan akan terlihat pada SISTER, mana saja mata kuliah yang telah melengkapi dokumennya” terang Pak Sjai begitu beliau akrab dipanggil. Masih didalam SISTER, akan tampil juga jumlah kehadiran mahasiswa nantinya akan dilakukan melalui finger print yang terpasang pada tiap ruang kuliah dan laboratorium. Untuk format dokumen perangkat pembelajaran yang akan di unggah, telah disediakan oleh tim Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran dari LP3M Universitas Jember.

Sesi awal pelatihan Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran  di lingkungan Universitas Jember disampaikan oleh Dr. Lutfi Rohman, S.Si, M.Si. dari Jurusan Fisika tentang materi E-Learning Universitas Jember. Mulai tahap prosedur pembuatan, pengelolaan, setting, hingga mengeditan mata kuliah disampaikan pemateri dan langsung dipraktekkan oleh para dosen di lingkungan FMIPA. Dan juga bagaimana cara memasukkan perangkat pembelajaran mata kuliah yang terdiri Silabus, RPS dan Kontrak Kuliah pada E-learning. Bagian akhir adalah melihat hasil dari proses itu melalui SISTER pada menu Akademik dan sub menu Perkuliahan. Tanya jawab dan pendampingan juga diberikan pada saat penyampaian materi.

Setelah jeda ishoma, pelatihan dilanjutkan dengan pemateri Abduh Riski, S.Si., M.Si. dari Jurusan Matematika dan Yudi Aris Sulistiyo, S.Si., M.Si. dari Jurusan Kimia dengan materi tentang pembuatan absensi perkuliahan, tugas dan kuis secara online pada E-Learning. “Pembuatan tugas secara online bisa dibagi dalam pengerjaannya yaitu secara pribadi atau per kelompok” terang Pak Riski yang juga mengikuti TOT E-learning di LP3M Universitas Jember awal Pebruari lalu. Pun dengan kuis online, bisa dilakukan melalui E-learning dengan mempersiapkan model atau jenis kuis, waktu penyelenggaraan hingga lama waktu pengerjaannya. “Mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah akan bisa mengikuti kuis online dengan ketentuan yang telah setting di awal, berikut juga model kuis apakah isian, pilihan ganda dan tentunya batasan waktu akan otomatis berlaku” jelas Pak Yudi yang telah menerapkan kuis online dengan E-learning pada Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Gasal yang lalu di beberapa mata kuliah yang dibinanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *