Prof. Ahmad Erfanian dari University of Mashdad, Iran: Hubungan Graf dan Struktur Aljabar

“Bagaimana hubungan antara graf dan struktur aljabar, misalkan dalam struktur aljabar yang terdapat grup cayle, dan proses apakah yang dilakukan hingga pada akhirnya menjadi graf cayle. Hal tersebut yang akan kita bahas bersama pada kesempatan pagi ini” jelas Prof. Ahmad Erfanian dari Department of Pure Mathematics, Faculty of Mathematics, Ferdowsi University of Mashdad. Iran pada acara Kuliah Tamu dengan tema “Some graphs assosiated to algebric structures” di gedung Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember, Senin 26 Nopember 2018. Prof. Ahmad memberi contoh tentang hubungan grup non komutatif dengan graf itu sendiri. “Banyak sekali permasalahan yang belum terselesaikan dalam topik terkait graf dan struktur aljabar, yang dapat dijadikan topik riset,skripsi maupun tesis, misalkan pemilihan grup yang berbeda pada grup cylae atau juga pemilihan subgrup yang berbeda pada grup cayle agar dapat menghasilkan sifat-sifat graf yang berbeda pula” terang alumnus Cardiff University, Inggris itu dihadapan peserta mahasiswa dan tenaga pendidik di Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. Banyak sekali hal menarik yang bisa dibahas terkait hubungan antara graf dan struktur aljabar.

Acara kuliah tamu ini diselenggarakan oleh Kelompok Riset Graf, Kombinatorik dan Aljabar Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. “Merupakan kesempatan emas untuk bisa sharing dan mendapatkan ilmu dari Prof. Ahmad Erfanian yang merupakan guru besar dibidang graf, pelajari dan serap ilmu beliau” sambutan Dr. Kristiana Wijaya, S.Si., M.Si. selaku moderator sekaligus Ketua penyelenggara acara kuliah tamu. Diberikan kesempatan juga untuk mengajukan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. “Bisa kan disebutkan beberapa contoh open problem yang bisa di jadikan topik riset?” tanya Ikhsan Halikin, S.Pd., M.Si tenaga pendidik Prodi Matematika. Prof. Ahmad menjawab “Salah satu open problem yang bisa di jadikan topik adalah terkait dengan grup yang bisa dipilih adalah nilpoten” jelasnya.

Dokumentasi Kuliah Tamu

“Besar harapan saya dapat kembali ke Jurusan Matematika untuk menyampaikan suatu workshop dengan waktu yang jauh lebih lama lagi, mungkin seminggu atau lebih, karena sangat banyak hal menarik yang dapat di bahas terkait topik graf dan struktur aljabar” pungkas Prof. Ahmad. Kendala waktu memang tidak memungkinkan acara Kuliah Tamu berlangsung lebih lama dan beliau siap untuk membagikan ilmunya khususnya bidang grap kepada peserta melalui kontak email atau melalui koleganya yaitu Ibu Kristiana. (ris/yok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *