Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Jember, maka sejak tahun 1991, Universitas Jember merencanakan pendirian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), persiapan pembukaan FMIPA diawali dengan dikeluarkannya SK Rektor Nomor : 6731/PT.32.H/SK/I.7’91, tertanggal 23 Juni 1991, tentang dibentuknya Laboratorium Dasar.
Ada 4 Laboratorium Dasar yang dibentuk yaitu Lab. Dasar Matematika, Lab. Dasar Fisika, Lab. Dasar Kimia dan Lab. Dasar Biologi. Saat itu Laboratorium Dasar ini bertugas memberikan pelayanan pada semua kegiatan praktikum bidang ilmu MIPA yang ada di Universitas Jember.

4jur balon

Persiapan selanjutnya dari rencana pendirian Fakultas MIPA adalah dibentuknya Pengelola Persiapan Pembukaan FMIPA berdasarkan SK Rektor No. 3377/PT.32.H/SK/I.7’97 tertanggal 17 Juni 1993, tentang Pembentukan/pengangkatan Pengelola Persiapan Pembukaan FMIPA yang terbagi atas 4 sub bidang studi yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Pada bulan September 1993 pengelola persiapan Pembukaan FMIPA Universitas Jember mendatangkan Konsorsium bidang Matematika dan Sains untuk mengevaluasi kesiapan UNEJ untuk membuka/mendirikan Fakultas MIPA. Dari kunjungan tersebut dikeluarkan surat dari Dirjen DIKTI Nomer 3842/D.2/1993 tertanggal 12 November 1993 yang isinya menyarankan agar UNEJ membentuk UPT-MIPA terlebih dahulu sambil mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang akan mengelola FMIPA tersebut dan kelengkapan lainnya termasuk sarana dan prasarana yang dibutuhkannya. Saran dari Dirjen DIKTI ditindak lanjuti oleh UNEJ dengan dibentuknya UPT MIPA berdasarkan SK Rektor Nomer 2798a/PT.32.H/SK/I.7’94 tertanggal 9 Mei 1994. UPT-MIPA ini merupakan unsur penunjang akademik dan bertanggung jawab kepada Rektor.

Kegiatan operasional UPT-MIPA adalah mengkoordinasikan dua sub unit kerja (kegiatan) yang sudah ada yaitu :
a). Sub Unit Laboratorium Dasar yang dalam operasionalnya memberikan pelayanan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta Pengabdian Pada Masyarakat dalam bidang MIPA, terutama aktifitas yang menggunakan fasilitas untuk eksperimen.
b). Sub Unit kerja pengelola Persiapan Pembukaan FMIPA (Satgas MIPA) yang bertugas untuk mempersiapkan dan mengembangkan rencana pelaksanaan pendidikan akademis di bidang MIPA.

ged_baru_fmipa fmipa_gedung1

Tugas yang lain adalah merencanakan pembukaan FMIPA dengan segala sarana penunjang sebagai persiapan pembukaan FMIPA. Untuk lebih mempertegas keinginan UNEJ tentang rencana pembukaan Program Studi MIPA, maka Rektor membentuk Satgas yang bertugas khusus untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembukaan Fakultas MIPA dengan diterbitkannya SK Nomer 6056/PT.32.H/SK/I.7’95 tertanggal 29 September 1995.Pada tanggal 9 Juli 1997 terbit keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No: 191/ DIKTI/ Kep/ 1997 tentang Pembentukan Program- Program Studi MIPA yang terdiri dari progragram – program studi S1 Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 1999 tersebut keputusanMendikbud No. 194/0/1999 tentang Pendirian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada Universitas Jember. Akhirnya pada tanggal 16 Nopember diadakan peresmian FMIPA yang sekaligus bersamaan dengan pelantikan pimpinan (Dekan, PDI, PD II, PD III) Kabag Tata Usaha dan Kasubag (Akademik, Keuangan dan Kepegawaian, Umum dan Kemahasiswaan)