Dekan FMIPA singgung SDGs di Rapat Koordinasi Persiapan Perkuliahan Semester Genap T.A. 2018/2019

Bertempat di Ruang Auditorium Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember (24/1) diadakan Rapat Koordinasi sebagai persiapan perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019. Diikuti seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan FMIPA, Dekan Drs. Sujito, Ph.D. didampingi para Wakil Dekan menyampaikan capaian dan target yang akan dilakukan pada semester mendatang. “Pada semester genap depan, penerapan sistem pembelajaran yang berbasis SCL akan sepenuhnya diterapkan. Diharapkan dosen untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yakni Silabus mata kuliah, RPS, dan Kontrak Kuliah diawal semester” jelasnya. Seperti diketahui di semester yang lalu FMIPA telah menerapkannya, Dekan berharap peningkatannya dan hal tersebut menjadi bersifat wajib. Disinggung juga mengenai Universitas Jember melalui SDGs Center-nya sebagai wujud responsif Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Visi menjadi pusat kajian dan pengembangan untuk mencapai sinergitas kegiatan-kegiatan terkait implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. “Melalui KeRis diharapkan semua dosen untuk ikut berpartipasi untuk sukseskan program itu, dan setelah dilakukan monev akan diadakan re-strukturisasi KeRis guna lebih meningkatkan keikutsertaan tiap individu tenaga pendidik” lanjutnya.

Demikian halnya pengabdian kepada masyarakat, Dekan berharap adanya peningkatan pengabdian yang lebih mengena dan berdampak langsung pada suatu daerah khususnya di Kabupaten Jember. “Peran pengabdian pada masyarakat menjadi satu sisi yang diperlukan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” pungkasnya. Senada Wakil Dekan I Drs. Achmad Sjaifullah. M.Sc., PhD., bahwa penyampaian hasil karya penelitian dan pengabdian pada masyarakat bisa disampaikan juga melalui media – media pemberitaan. “Ini akan menjadi nilai tambah dan lebih mengenalkan FMIPA kepada masyarakat” jelasnya yang beberapa waktu lalu mengikuti pertemuan alumni UNEJ yang berkarya di bidang pers. Wakil Dekan I dalam kesempatan tersebut juga menyinggung hal capaian akademik di FMIPA. Mulai input hingga masa tunggu kerja mahasiswa FMIPA perlu diperhatikan. “Target masa tunggu harus diskusikan bersama kembali, kenapa?, karena pesaing yang notabene FMIPA dari perguruan tinggi memiliki patokan yang mungkin lebih bagus dari kita. Hal itu akan otomatis terkait sistem pembelajaran, masa kuliah dan faktor yang lain” ujarnya.

Wakil Dekan II Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. menitipkan pesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tertib dalam pelaksanaan absensi kehadiran. “Akan ada tindakan dalam bentuk peringatan jika dalam beberapa waktu yang telah disepakati apabila tidak melakukan absensi. Buat surat keterangan bila tidak hadir dengan alasan tertentu” himbaunya. Beberapa pertanyaan disampaikan dalam sesi diskusi, diantaranya dari Drs. Siswanto, M.Si yang menyinggung menerapan absensi pada perkuliahan. Juga usulan yanng datang dari Dra. Hari Sulisytowati, M.Sc., Ph.D untuk meningkatkan pengabdian masyarakat perlu dibentuk “Payung” yang berisi beberapa atau banyak dosen lintas jurusan untuk jauh lebih mengena pada masyarakat yang tentunya akan berkelanjutan. Di akhir acara Dekan berpesan untuk semua jurusan mempersiapkan diri dalam menyambut 20 tahun FMIPA dengan menyelenggarakan seminar internasional dan terus meningkatkan kualitas magister di setiap jurusan di FMIPA UNEJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *