Dekan FMIPA : Sistem Manajemen Mutu untuk kelola Organisasi

DSCN8607FMIPA Universitas Jember selenggarakan pembekalan kepada pengurus ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan) tahun 2017 di Ruang Kuliah Magister Matematika, Gedung Jurusan Matematika Lantai 2 (14 Maret 2017). Acara pembekalan diikuti oleh 11 organisasi kemahasiswaan FMIPA yaitu : Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMATIKA, HIMAFI, HIMAKI dan HIMABIO) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri dari UKM IONS, UKM TITIK, UKM SPORA, UKM ALPHA dan UKM PALAPA. Kepengurusan yang mengikuti acara ini adalah yang baru dilantik oleh Dekan FMIPA bulan Januari 2017 lalu. Dan tiap organisasi kemahasiswaan baru saja melakukan upgrading kepengurusan baru yang dilakukan di ruang maupun lapang dalam beberapa minggu terakhir ini.

“SMM atau Sistem Manajemen Mutu adalah hal yang saat ini mendasar untuk diterapkan setiap organisasi pun dengan ORMAWA FMIPA khususnya untuk memanajemen anggota suatu organisasi” ungkap Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember yang menjadi pemateri pertama pada acara pembekalan tersebut. Disebutkan landasan atau dasar karena sesuai tema dari materi yang disampaikan yaitu Perencanaan Kerja dan Pelaporan, manajemen mutu dengan menerapkan siklus PDCA (Plan, Do, Check dan Act) akan mematangkan rencana awal (P) dilanjutkan pelaksanaan kegiatan (D) dengan selalu menerapkan evaluasi dan monitoring (C) hingga akan menghasilkan tindakan untuk tahap selanjutnya atau kedepan. “Ujungnya adalah peningkatan kualitas secara terus menerus yang berkelanjutan atau yang biasa disebut Quality Improvement Continue (QIC)” pungkas dosen pengajar Fisika FMIPA ini.

Untuk mengelola suatu organisasi khususnya ORMAWA, dibutuhkan pengorbanan salah satunya sedikit meninggalkan waktu disaat proses kuliah. “Dibutuhkan kesediaan dan kesiapaan seorang anggota organisasi kemahasiswaan untuk ‘mengalahkan‘ kuliahnya untuk kegiatan organisasinya, seperti mengikuti acara pembekalan ini” pembukaan Wakil Dekan I FMIPA Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. dalam materi Etika dan Etika Akademik. Untuk itu mahasiswa harus menjadi cerdas dan baik dalam mengelola waktu antara studi dan organisasi.

Pada kesempatan materi Administrasi, Persuratan, dan Prosedur Peminjaman disampaikan oleh Wakil Dekan II FMIPA Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. tentang Faktor keberhasilan pembinaan kemahasiswaan yaitu political will dari pimpinan, program kerja UKM, rancangan kegiatan, sumber dana & fasilitas pendampingan dosen atau pembina. Untuk sumber dana, Dosen Matematika ini memaparkan beberapa dana yang bisa diperoleh oleh ORMAWA. Dari Anggota, Fakultas, Universitas, Kemenristekdikti dan Sponsorship. “Dengan pembuatan program kerja yang mematangkan rancangan kegiatan bukan hanya dari lembaga tapi dari sponsor secara otomatis akan berminat untuk mendanai suatu acara yang diagendakan organisasi kemahasiswaan” pungkasnya.

Selaku pembimbing ORMAWA FMIPA Wakil Dekan III Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. dengan materi Organisasi dan Kemahasiswaan lebih banyak mengulas tata organisasi mahasiswa yang berupa peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Mulai dari aturan pembebanan anggaran Perguruan Tinggi untuk kegiatan ORMAWA hingga tata cara pertanggungjawabannya yang telah diatur melalui Keputusan Menteri. Diharapkan tiap organisasi kemahasiswaan mampu untuk mengelola dana yang ada agar bisa digunakan dan dilaporkan akuntabilitasnya. (Dokumentasi)

One thought on “Dekan FMIPA : Sistem Manajemen Mutu untuk kelola Organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *