Dekan : Terapkan Kompetensi 4C pada Organisasi Kemahasiswaan FMIPA UNEJ

“Pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini dikenal istikah kompetensi 4C yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication dan Collaboration, yang semua itu sangatlah tepat diterapkan pada organisasi kemahasiswaan khususnya di FMIPA UNEJ.” ujar Drs. Sujito, Ph.D., Dekan Fakutas MIPA Universitas Jember dalam acara Pelantikan dan Serah Terima Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Fakultas MIPA Masa Bakti Tahun 2019 (1/2). Lebih lanjut Dekan menerangkan pentingnya penerapan 4C dalam hal penyusunan suatu kegiatan organisasi kemahasiswaan. “PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa adalah contoh yang tepat dalam penerapannya, dibutuhkan kerja sama dalam membuat proposal, kemudian komunikasi yang baik antar anggota, kreatif penentuan judul atau kegiatan yang akan dilakukan dan berpikir jernih serta rasional sehingga menjadi suatu PKM yang baik dan unggul” imbuhnya. Peranan pembimbing sangat penting untuk mendampingi dan membina ormawa khususnya dalam pembuatan suatu rencana kerja. Pada kesempatan tersebut Dekan melantik pengurus DPM, BEM, 4 HMJ yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, UKM TITIK, UKM IONS, UKM PALAPA, UKM ALPHA dan UKM SPORA yang beberapa waktu yang telah menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih kepengurusan yang baru.

Sebelumnya Wadek III FMIPA UNEJ bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih kepengurusan DPM, BEM, HMJ dan UKM FMIPA Universitas Jember periode sebelumnya pada almamater. “Untuk kepengurusan yang baru diharapkan untuk dapat menyusun rencana kegiatan di awal tahun agar target bisa terpenuhi dengan baik” ungkapnya. Dengan kegiatan perkuliahan yang padat, mahasiswa diharapkan bisa membagi waktu antar kuliah dan berorganisasi. Wadek III juga menyinggung SKPI yang merupakan nilai tambah dari lulusan mahasiswa dan itu bisa didapat melalui ormawa.  “Apa yang anda lakukan untuk organisasi dan bisa menghasilkan suatu prestasi akan menjadi poin khusus pada SKPI yang saat ini menjadi pendamping ijasah pada saat wisuda kelak” pungkasnya.

Dokumentasi Kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Ormawa FMIPA UNEJ

Kepengurusan baru DPM, BEM, HMJ dan UKM FMIPA Universitas Jember masa bakti Tahun 2019 dilantik oleh Dekan FMIPA Universitas Jember dengan SK Dekan No. 397/UN.25.1.9/KM/2019 Tanggal 23 Januari 2019 berikrar akan mematuhi segala peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku, akan bekerja jujur tertib cermat dan penuh semangat untuk kepentingan mahasiswa FMIPA dan akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan mengutamakan kepentingan mahasiswa FMIPA diatas kepentingan pribadi atau golongan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *