Gali Potensi, FMIPA UNEJ bekali MABA dengan Penulisan PKM yang kompetitif

Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020 FMIPA UNEJ dibekali tata cara penulisan draft proposal Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa dikenal dengan istilah PKM. Dilaksanakan secara daring, pengenalan dan pendampingan penulisan proposal PKM berlangsung di akhir pekan selama 3 hari (7/11 dan 14-15/11). “Pendampingan ini diharapkan menghasilkan draf proposal PKM yang nantinya bisa mengikuti seleksi Universitas dengan tujuan akhir adalah PIMNAS” ungkap Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Pada minggu awal diperkenalkan tentang PKM dan penggalian ide PKM dengan menghadirkan pemateri yang merupakan reviewer PKM tingkat nasional. Semua pemateri mengajak maba untuk tertarik dan bisa menuangkan hal tersebut dalam suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk proposal. Wakil Dekan III FMIPA Dr. Edy Supriyanto, S.Si., M.Si. berpesan agar maba bisa mulai dan tidak ragu dalam mengungkapkan ide, karena pembuatan draf proposal akan didampingi dosen pembimbing yang memiliki keahlian di bidang tersebut. “Dosen pembimbing akan mendampingi 2-3 kelompok maba dalam pembuatan draf proposal PKM yang terdiri dari PKM-P, PKM-GT, PKM-K, PKM-M dan PKM-T” jelasnya.

Pertemuan selanjutnya adalah Pelatihan Penulisan PKM yang dibagi berdasarkan program studi. Dengan didampingi BEM FMIPA Universitas Jember, pendampingan daring dibuatkan breakout room tiap dosen. Tiap pendamping memperkenalkan cara penulisan draft yang baik, menarik dan terkini juga bermanfaat bagi masyarakat. “Penulisan judul draft proposal juga menjadi hal yang bisa menarik juri untuk melirik karya mahasiswa” ujar salah satu pendamping PKM. Selain dua sesi yang disediakan panitia, maba juga di berikan kesempatan untuk berkonsultasi dan berdiskusi dengan pendamping melalui media WAG.

Presentasi draft prososal PKM menjadi bagian akhir dari pendampingan. Tiap kelompok diberikan kesempatan menyampaikan presentasi sesuai judul yang telah mereka buat dan diskusikan dengan pendamping. Menggembirakan, antusias maba dalam menyusun draft proposal PKM perlu diancungi jempol. Terlihat beberapa judul yang menarik dan kekinian seperti Donat Ubui Empuk Menul-Menul Motif Batik Nusantara: Inovasi Camilan Masa Kini Untuk Peningkatan Ekonomi dI Era New Normal, Pemanfaatan Kulit Durian Sebagai Hand Sanitizer Anti Bakteri dan Mi instan asal ubi jalar warna ungu. Semua drat proposal akan dikumpulkan ke Panitia dalam hal ini Wadek III FMIPA untuk tetap dilakukan pembinaan agar menghasilkan proposal PKM yang memiliki nilai saing di tingkat universitas hingga PIMNAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *