Jurnal ILMU DASAR FMIPA adakan workshop guna raih SINTA S2 dan indeksasi DOAJ

Jurnal ILMU DASAR (JID) Fakultas MIPA Universitas Jember adakan workshop dalam rangka persiapan akreditasi menuju SINTA S2 dan pengajuan indeksasi DOAJ di Ruang Rapat Jurusan Kimia FMIPA (13/12). JID sebelumnya meraih akreditasi SINTA S3 pada Juli 2018 yang lalu dengan keputusan Kemenristekdikti No. 21/E/KPT/2018 tanggal 9 Juli 2018. “Workshop ini diselenggarakan untuk peningkatan proses pengelolaan artikel yang masuk dewan redaksi JID khususnya proses review dan pendistrubusiannya oleh editor karena termasuk komponen penting proses akreditasi JID dan juga pengajuan indeksasi DOAJ tahun 2019 mendatang” terang Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. sebagai pemateri workshop. Untuk meningkatkan akreditasi ke SINTA DIKTI S2,  beberapa komponen menjadi perhatian khusus dewan redaksi JID, hal tersebut berkaca pada hasil penilaian proses akreditasi sebelumnya. “Perihal substansi dalam proses pengelolaan artikel khususnya saat review menjadi poin guna mengatrol nilai akreditasi, adanya timbal balik mungkin perdebatan antar author dan reviewer makin meningkatkan mutu suatu artikel” jelasnya.

Untuk diketahui Jurnal ILMU DASAR pertama kali menerbitkan jurnal pada tahun 2000 dalam edisi cetak dengan ISSN p-ISSN1411-5735 dan edisi elektronik memanfaatkan OJS (Open Journal Systems) dari PKP dengan e-ISSN 2442-5613 untuk elektronik. JID telah terindeks secara nasional maupun internasional, yakni Google Scholar, Base, Worldcat, PKP Index, Garuda dan juga semua artikel setiap terbitan telah memiliki DOI number dari lembaga Crossref. JID juga melakukan kolaborasi dengan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). “Sebagai awal persiapan re-akreditasi JID akan merampungkan Volume 20 No 1 pada awal Januari 2019 esok dan pada workshop ini juga kita evaluasi sejauh mana proses tiap artikel sebagai prasyarat pengajuan akreditasi” sambutan Purwatiningsih, Ph.D sebagai chief editor JID.

Hadir dalam workshop, dewan redaksi dan para reviewer Jurnal ILMU DASAR. Beberapa kendala dan masalah saat proses review dibahas dan diselesaikan dengan pendampingan langsung oleh pemateri. “Bagaimana saya bisa mengetahui notifikasi jika ada respon balik dari author” tanya Dr. Sutisna salah satu reviewer dari bidang Fisika. Semua jurnal yang dikelola Universitas Jember telah terintegrasi dengan email sehingga setiap alur suatu artikel akan terkirim notifikasi proses yang sedang berjalan. “Mulai pendaftar jurnal ditetapkan role menjadi reviewer hingga proses mengunggah hasil review, pun jika terjadi diskusi pada suatu proses review artikel akan terekam oleh OJS dan terkirim notifikasi ke email. Tentunya gunakan email yang valid atau sering digunakan” jawab Siswoyo.

Peran aktif dan keterlibatan pada semua proses penerbitan artikel di Jurnal ILMU DASAR diharapkan dapat menghasilnya suatu publikasi terbitan yang berkualitas tentunya dengan selalu memperhatikan tepat waktu proses redaksinya. “Jika diawal proses suatu artikel merasa tidak sesuai dengan bidang, maka reviewer diharap segera decline artikel itu untuk segera dicarikan pengganti, sisi ini yang bisa membuat waktu lama di proses dan jikapun dipaksakan akan mengurangi kualitas suatu artikel” pungkasnya. Peserta antusias dengan workshop ini dan berharap pertemuan rutin atau konsultasi bersama sering diagendakan guna akreditasi JID dengan SINTA S2 dan pengajuan untuk indeksasi DOAJ tahun 2019 berjalan lancar dan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *