FMIPA Universitas Jember memiliki 4 Program Studi Sarjana : Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Program Studi Sarjana MatematikaProgram Studi Sarjana FisikaProgram Studi Sarjana KimiaProgram Studi Sarjana Biologi
staf_jurmat2016Visi Jurusan Matematika
Program Studi yang berkualitas serta berperan aktif dalam pengembangan dan penerapan Matematika, terutama dalam mendukung pertanian industrial

Misi Jurusan Matematika
(a) Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dan akuntabel;
(b) Melaksanakan penelitian bidang matematika, terutama yang terkait pada pertanian industrial;
(c) Berpartisipasi dalam menyelesaikan problematika di masyarakat yang terkait dengan matematika dan penerapannya melalui kegiatan pengabdian;
(d) Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders dalam penguasaan matematika dan terapannya

Tujuan Jurusan Matematika
(a) Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, bersikap rasional, dan berdaya saing pada bidang matematika dan terapannya;
(b) Menghasilkan karya ilmiah dan model perancangan teknologi tepat guna, terutama yang bermanfaat bagi pengembangan pertanian industrial;
(c) Mewujudkan masyarakat sadar matematika melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat;
(d) Mewujudkan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan kinerja program studi;
(e) Mewujudkan pelayanan akademik yang berkualitas secara berkelanjutan;
(f) Menjalin kerjasama kegiatan ilmiah dengan lembaga lain dalam peningkatan sumberdaya, pengembangan matematika dan terapannya baik di dalam lingkup Universitas Jember maupun di luar Universitas Jember

Visi

Mewujudkan Program Studi Fisika yang mampu menghasilkan produk keilmuan Fisika yang unggul untuk mengembangkan IPTEK, lulusan yang berkualitas dan profesional yang mampu beradaptasi dengan lingkungan serta mampu bersaing dalam tataran global khususnya di Asia Tenggara.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya agar mampu melaksanakan Tridharma PT dengan baik melalui peningkatan sarana-prasarana, SDM, kualitas proses pembelajaran dan kualitas layanan akademik berbasis IT.
  2. Menggalakkan eksplorasi Fisika secara aktif melalui peningkatan riset dasar dan kemungkinan terapannya yang berorentasi pada produk penelitian dengan melibatkan kerjasama dosen-mahasiswa.
  3. Meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan softskill seperti kemampuan bahasa inggris, IT dan wawasan kewirausahaan.
  4. Menghubungkan jaringan kerjasama dengan alumni, stakeholder dan lembaga lain baik PT atau non-PT, baik nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan daya saing prodi melalui kegiatan ilmiah seperti seminar, kuliah tamu, workshop baik berskala nasional/internasional, pertukaran mahasiswa internasional, pertukaran dosen/tenaga peneliti dengan institusi luar negri.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dibidang Fisika Material, Komputasi, Elektronika dan Instrumentasi, Biofisika dan Geofisika.
  2. Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, mempunyai pola pikir logis-rasional, mempunyai kemampuan berkomunikasi dan leadership yang baik, dan terampil bekerja di bidangnya sehingga mampu bersaing dan bermanfaat di lingkungan kerja dimana ia berada.
  3. Mengaplikasikan bidang Fisika untuk pengembangan sains dan teknologi berwawasan lingkungan sehingga prodi mampu menjadi center of excellent.
  4. Menghasilkan produk ilmiah bermutu hasil penelitian berstandar internasional.
  5. Meningkatkan peran dan konstribusi prodi pada pembangunan nasional melalui penyelenggaraan kegiatan ilmiah seperti seminar dan workshop baik berkala nasional maupun internasional.

Sasaran (2016-2020)

  1. Meningkatkan kerjasama dengan pihak luar (terutama yang sudah ada MOU) dalam kegiatan ilmiah, diantaranya pelaksanaan pertukaran mahasiswa, pertukaran penilitian, dosen tamu, seminar bersama, publikasi bersama.
  2. mengadakan seminar internasional.
  3. Perbaikan sarana dan prasarana ruang dosen dan perkuliahan untuk menyongsong kerjasama internasional dan pembukaan prodi baru diantaranya prodi S2 Fisika yang sudah terbentuk dan telah mendapatkan SK dari DIKTI pada 2016.
  4. Pengembangan Jurusan dengan menyiapkan pembukaan prodi baru yaitu prodi S1 Fisika Medis.
  5. Perbaikan sarana dan prasarana penelitian lab, seperti yang telah dilakukan dalam program IDB untuk menyongsong kerjasama internasional.
  6. Penguatan riset antar KBI dalam 3 (tiga) tema besar yaitu Energi, Produk Pangan dan Kesehatan yang menjadi road map penelitian bersama prodi. Seperti diketahui ketersediaan energi dan pangan dan layanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan mendesak dikembangkan di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.
  7. Terlaksanakannya seminar internasional yang pertama oleh prodi Fisika berkolaborasi dengan prodi lain di FMIPA.
  8. Terlaksanakannya workshop internasional.
  9. Perbaikan ruang dosen dan karyawan untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan prodi-prodi baru.
  10. Pengembangan Kurikulum KBK sesuai KKNI.
  11. Pengembangan SDM melalui non-degree training dan degree training.


Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, telah didirikan pada tahun 1997 melalui SK Dirjen Dikti Depdiknas No.191/DIKTI/Kep/1997 tanggal 9 Juli 1997 sebagai Program Studi Kimia. Selanjutnya berdasarkan SK Dirjen Dikti No.95/DIKTI/Kep/2001 tanggal 16 April 2001 statusnya berubah menjadi Jurusan Kimia. Jurusan Kimia menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang Sarjana (S-1) dengan akreditasi B oleh BAN-PT. Jurusan Kimia FMIPA memiliki 20 orang staf tenaga pendidik dengan 45% bergelar Doktor.

Jurusan Kimia Universitas Jember mempunyai lima Kelompok Bidang Ilmu yaitu:
Kimia Fisik
Kimia Analitik
Kimia Anorganik
Kimia Organik
Biokimia

Visi Jurusan Kimia

Institusi pendidikan dan pengembangan ilmu kimia yang bertumpu pada sumber daya lokal, memiliki nilai tambah dan berwawasan lingkungan

Misi Jurusan Kimia

  • Menerapkan sistem manajemen akademik yang berbasis ISO
  • Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kualitas dan kompetensi lulusan
  • Mengembangkan penelitian yang berwawasan lingkungan dan berorientasi pada peningkatan nilai tambah sumber daya lokal
  • Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasiskan pada hasil penelitian
  • Membangun dan mengembangkan kerjasama dalam melaksanakan Tridarma perguruan tinggi

Program Studi S1 Biologi FMIPA UNEJ memiliki VISI “sebagai penyelenggara pendidikan tinggi unggul di bidang biosains yang berorientasi pada pengelolaan sumber daya alam hayati tropis”.
Unggul dari aspek kelembagaan menuntut prodi S1 Biologi mampu menunjukkan beberapa indikator utama yaitu: unggul di bidang biosains, ditunjukkan dengan kemampuan prodi dalam bidang pembelajaran, penelitian, dan pengabdian biosains yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Prodi S1 Biologi unggul di bidang biosains juga dimaksudkan berusaha menjadi sebuah center of excellent yang menghasilkan lulusan yang profesional dalam menghadapi dan memecahkan masalah berbasis SDA Hayati di masa datang dengan tetap mempertimbangkan kearifan lokal (tropis).Visi prodi S1 Biologi diproyeksikan akan tercapai dalam kurun waktu 15 tahun setelah ditetapkan, yaitu pada tahun 2025.

Hasil evaluasi perwujudan visi hingga awal tahun 2016 pada saat penyusunan borang ini terdapat berbagai milestone indikator ketercapaian visi yaitu:
(1) dalam bidang pendidikan yang ditunjukkan hasil kompetensi lulusan yang diterima oleh stakeholder nasional dan internasional serta kemampuan akses mahasiswa dalam kompetisi di even internasional dan diterimanya lulusan di universitas di luar negeri,
(2) dalam bidang penelitian dengan meningkatnya produktivitas dosen dan mahasiswa dalam publikasi internasional,
(3) dalam bidang pengabdian dalam bentuk implementasi bidang biologi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik dalam wujud GMO tebu tahan kekeringan yang merupakan produk riset unggulan prodi S1 Biologi yang diakui dunia, implementasi penelitian kopi dalam bentuk desa binaan hingga mendapatkan MDGs award dan pengembangan desa binaan dalam budidaya lengkeng serta keikutsertaan dalam penanganan penyakit infeksi tropis dengan pengembangan vaksin berbasis vektor yang sekaligus berperan dalam pengendalian vektor penyakit tropis,
(4) dalam bidang kerjasama institusional yaitu keterlibatan prodi S1 Biologi secara aktif dalam networking internasional dengan negara negara Asia dan Eropa.

Untuk mencapai visi tersebut maka prodi S1 Biologi menetapkan MISI: “melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan biosains yang berorientasi pada pengelolaan sumber daya alam hayati tropis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”.

Pernyataan orientasi pada pengelolaan SDA hayati tropis didasarkan pada nilai strategis Indonesia sebagai bagian dari negara tropis dengan kekhasan dan kekayaan biodiversitasnya. Lebih spesifik lagi, letak prodi S1 Biologi FMIPA UNEJ yang strategis dan lengkap dari tinjauan geografis yang meliputi area perairan, darat dan laut, daerah daratan yang dikelilingi oleh kawasan pertanian, perkebunan, dan kawasan hutan (ada tiga taman nasional yaitu Taman Nasional Meru Betiri, Baluran dan Alas Purwo). Kawasan yang dimaksud tersebut memiliki kekayaan flora fauna sebagai SDA hayati khas tropis potensial untuk dieksplorasi dan harus dikonservasi. Hasil eksplorasi SDA hayati tropis tersebut kemudian dikembangkan menjadi luaran yang bermanfaat bagi masyarakat banyak di berbagai segmen kehidupan dengan tetap memperhatikan aspek konservasi sehingga mengurangi dampak ekologis yang dapat memberi pengaruh negatif bagi kesejahteraan manusia.

Keunggulan lulusan sebagai hasil dari terwujudnya misi prodi S1 Biologi, harus mampu menunjukkan daya saingnya dalam penguasaan biosains di tingkat nasional maupun internasional. Penetapan kata kunci unggul dalam biosains ini didasari atas kekuatan sumber daya internal dan eksternal dalam aspek tri dharma perguruan tinggi baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Aspek internal didukung dari struktur suasana akademik/pembelajaran yang tidak hanya mengandalkan kekuatan SDM dan fasilitas internal prodi saja, tetapi juga didukung hasil kolaborasi internasional dalam pembelajaran melalui pendanaan proyek dari luar negeri baik Asia maupun Eropa yang sampai saat ini masih berlangsung. Dengan demikian diharapkan keunggulan ilmu biosains yang dimiliki lulusan akan selaras dengan kemampuan teknologi aplikasi biosains terkini untuk mendukung eksplorasi dan konservasi potensi eksternal wilayah yaitu SDA hayati tropis.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, prodi S1 Biologi memiliki TUJUAN antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompetitif di bidang biosains melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas;
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan produktif dalam pengelolaan sumber daya alam hayati tropis;
  3. Menerapkan konsep-konsep dan hasil penelitian biosains dalam upaya mendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

FMIPA Universitas Jember menyelenggarakan semester reguler dan semester pendek. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran suatu mata kuliah, jumlah jam kuliah pada saat mata kuliah tersebut diambil di semester pendek sama dengan di semester reguler. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam setiap semester melibatkan setidaknya 84 tenaga pendidik (dosen), 1100 mahasiswa, 44 tenaga kependidikan, dan sedikitnya 100 mata kuliah per semester. FMIPA melakukan monitoring dan administratif untuk selanjutnya dikoordinasikan bersama jurusan, lab, staf administrasi, dosen bahkan langsung terhadap mahasiswa.

Perkuliahan berjalan sesuai dengan kalender akademik Universitas Jember dan penggunaan ruangan menjadi efisien, maka penjadwalan perkuliahan, ujian mid dan akhir semester, semuanya dikoordinasikan oleh FMIPA. Agar target materi perkuliahan tercapai (sesuai dengan kurikulum dan jadwal yang telah ditentukan) dan jumlah mahasiswa DO (drop-out) dapat ditekan, FMIPA melakukan monitoring terhadap kehadiran mahasiswa dan dosen dalam perkuliahan, monitoring terhadap keaktifan dosen dalam pengisian jurnal kuliah, dan melakukan pemantauan/pembinaan awal terhadap mahasiswa yang pencapaian jumlah sks rendah. Agar evaluasi akhir semester tidak mengganggu sistem TI UNEJ (khususnya dalam pengumpulan nilai dari dosen) dan pelaksanaan TA serta kuliah magang dapat termonitoring dengan baik, maka pelaksanaan ujian akhir semester, ujian seminar, ujian skripsi, dan pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa dikelola bersama oleh FMIPA.

kalender_akademik_2017
alur_skripsi