Seminar Nasional Matematika 2014

snm11-400x280Seminar Nasional Matematika 2014 diselenggarakan pada tanggal 19 Nopember 2014.  Ada tiga pembicara yang akan menyampaikan makalah utama pada sidang pleno di lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Jember, sebagai Keynote Speaker Dr. Ir. Tjuk Eko Hari Basuki, MST (Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian RI) yang akan menyampaikan tema seminar yaitu Peran Matematika/Statistika dalam Mengembangkan Pertanian Industrial untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional.  Dr.  Bagus Sartono, M.Si (Sekretaris Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor) sebagai Invited Speaker menyampaikan tema “Aplikasi Mixed Integer Linier Programming” dan yang terakhir Prof. Drs. Kusno, DEA, Ph.D (Dekan FMIPA Universitas Jember) sebagai Plenary Speaker menyampaikan perkembangan riset Jurusan Matematika di bidang Geometri Rancang Bangun.

Seminar Nasional Matematika 2014 menerima 89 makalah untuk diseminarkan pada Paralel Session yang berlangsung di gedung Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember. Peserta diantaranya dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Khairun Ternate, Universitas PGRI Jakarta, SMKN Lingsar Lombok Barat, Badan Pusat Statistika (BPS) Kabupaten Situbondo dan beberapa instansi,guru di eks-karesidenan Besuki.

Adapun kelas paralel yang diselenggarakan di Jurusan Matematika adalah:
1. Bidang Statistika I dengan moderator Dian Anggraeni, S.Si., M.Si diikuti oleh 11 Pemakalah.
2. Bidang Statistika II dengan moderator Muflihatus Surur, S.Si diikuti oleh 11 Pemakalah.
3. Bidang Pendidikan Matematika dengan moderator Kusbudiono, S.Si., M.Si diikuti oleh 14 Pemakalah.
4. Bidang Analisis dan Matematika Terapan dengan moderator Ahmad Kamsyakawuni, S.Si., M.Kom diikuti 13 Pemakalah.
5. Bidang Geometri dengan moderator Kiswara Agung Santoso, S.Si., M.Kom diikuti oleh 6 Pemakalah.
6. Bidang Teori Graf I dengan moderator Dimas Bagus C.W dan Randi Nanang D., S.Si diikuti oleh 18 Pemakalah.
7. Bidang Teori Graf II dengan moderator M. Ziaul Arif, S.Si., M.Sc diikuti oleh 17 Pemakalah.

Selain kelas paralel, pada Seminar Nasional ini diadakan kuliah tamu oleh Dr.  Bagus Sartono, M.Si (IPB) yang mengambil tema “Ensemble dan Data Mining” yang diadakan di Conference Room Gedung Lantai 2 UPT TI Universitas Jember. Adapun peserta adalah mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Pemodelan Matematika dan Statistika Matematika. Acara ini dipandu oleh Dr. Alfian Futuhul Hadi yang juga sebagai Ketua Panitia Seminar Nasional Matematika 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *