Percepat Tugas Akhir S1, FMIPA UNEJ Rumuskan Strategi dan Integrasi dengan Program MBKM

“Melalui Bentuk Kegiatan Pembelajaran Studi/Proyek Independen Program MBKM bisa menjadi salah satu usaha mempercepat masa tugas akhir dan akan berimbas pada masa studi mahasiswa guna tingkatkan standar kelulusan” ungkap Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember. Hal itu disampaikan pada acara Focus Group Discussion Perumusan Strategi Percepatan Tugas Akhir S1 dan Integrasi dengan Program MBKM di Meotel Jember (14-15/12). Dekan juga menyampaikan sebagai panduan bagi mahasiswa dan program studi, Tim Studi/Proyek Independen (S/P-I) telah meluncurkan pedoman yang dapat diunduh di laman FMIPA UNEJ. Pada FGD yang diikuti Ketua Jurusan, Tim Komisi Bimbingan, dan Tim Independen, disinggung juga harapan Dekan untuk semua prodi di FMIPA mempersiapkan akreditasi ASIIN. “Segera lakukan ringkasan kurikulum prodi, untuk raih akreditasi internasional ASIIN yang mengarah pada IKU yakni rekognisi internasional” harapnya. Hadir juga dalam FGD, Fenny Indriani, S.Si. alumni Jurusan Biologi angkatan 2016 yang menceritakan pengalaman saat tugas akhir. “Saya berharap pelaksanaan tugas akhir di FMIPA makin dipercepat khususnya pada tahap seminar hasil, mungkin lewat kegiatan ini hal tersebut bisa dibahas” ujar Fenny yang kini bekerja di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Jember pada posisi HRD. Sesi berikutnya, Wakil Dekan I FMIPA UNEJ Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. presentasikan mengenai percepatan tugas akhir di FMIPA UNEJ. “Isu relevan yang berujung pada masa tugas akhir yakni model TA yang visible, upaya prodi/fakultas untuk mengurangi masa TA, prosedur TA yang simpel juga cepat dan integrasi TA dengan Studi/Proyek Independen melalui pedoman yang telah dirilis” jelasnya.

Setelah presentasi Wadek I FMIPA, dilanjutkan penyampaian kondisi terkini tugas akhir mahasiswa di prodi oleh masing-masing komisi bimbingan. Diawali kombi Jurusan Biologi yang diwakili Dra. Susantin Fajariyah, M.Si., dilanjutkan Nurul Priyantari, S.Si., M.Si. mewakili komisi bimbingan Jurusan Fisika, kombi Jurusan Matematika diwakili oleh Dr. Agustina Pradjaningsih, S.Si., M.Si. dan presentasi kombi diakhiri Jurusan Kimia yang diwakili oleh Drs. Zulfikar, Ph.D. Diskusi panel untuk menanggapi dan menyelesaikan permasalahan mengenai tugas akhir yang terungkap pada presentasi komisi bimbingan dipimpin oleh Wakil Dekan I FMIPA UNEJ.

Untuk membahas dan menyusun strategi penyempurnaan tugas akhir dilaksanakan pembagian kelompok kerja. “Untuk bisa tukar informasi dan pendapat, kelompok kerja kita bagi bukan lagi dalam satu jurusan akan tetapi kelompok kajur, kelompok kombi dan kelompok tim studi/proyek independen” jelas Siswoyo. Pembahasan cukup intens, kelompok kombi yang bisa bertukar informasi dan permasalahan yang ada di tiap prodi. Diantaranya usulan untuk mempercepat tugas akhir, matakuliah diampu semua KeRis dengan distribusi mahasiswa merata ke semua dosen, output-nya proposal. Tim kombi juga membuat rubrik penilaian tugas akhir. Kelompok tim S/P-I mengusulkan  adanya hasil evaluasi dalam 3 grade untu menyelesaikan masalah secara independen atau mandiri. Semua hasil pembahasan disampaikan pada diskusi panel di penghujung hari pertama FGD.

Hari kedua pelaksanaan FGD diawali dengan pembahasan kembali hasil paparan tiap kelompok kerja malam harinya. Pembahasan dipimpin Wakil Dekan I FMIPA untuk dibuat simpulan-simpulan yang nantinya bisa dituangkan dalam suatu dokumen khusus atau suatu pedoman tugas akhir. Diskusi lintas tim membuat agenda FGD menghasilkan poin-poin penting dalam tugas akhir. Dalam pedoman tersebut juga berisi strategi percepatan tugas akhir dan integrasinya dengan BKP Program MBKM. Diujung acara diakhiri dengan finalisasi penyusunan dokumen dan Dekan FMIPA UNEJ menutup secara resmi acara FGD dengan harapan semua yang telah disepakati bersama segera bisa diimplementasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *